Astarini, Rifqah Wardah (2022) PENGARUH TERAPI YOGA TERHADAP DISMENORE PADA MAHASISWI ANGKATAN 2018 PRODI S1 PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (73kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full text)
Skripsi fulltext...pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 7 Penutup.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (168kB) | Preview |
Abstract
Dismenore adalah nyeri yang dirasakan saat menstruasi dan ditandai dengan adanya rasa kram yang terpusat di bagian abdomen bawah, nyeri punggung, pinggang dan nyeri paha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi yoga terhadap derajat disminore. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang menggunakan desain eksperimen murni dengan pre-test post-test only group design dengan jumlah sampel 32. Instrumen penelitian yang akan digunakan untuk penelitian adalah kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji statistik pearson chi-square. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden mengalami dismenore sedang-berat sebelum dilakukan terapi yoga. Analisis bivariat menunjukkan nilai p=0,00 (p<0,05), yang artinya terdapat hubungan antara pemberian terapi yoga terhadap derajat dismenore. Dimana pemberian terapi yoga dapat mengurangi intensitas nyeri pada responden yang mengalami dismenore. Kesimmpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan dari pemberian terapi yoga terhadap derajat dismenore. Oleh karena itu, terapi yoga saat dismenore dapat direkomendasikan pada penderita dismenore.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | dr. Muhammad Zulfadli Syahrul, Sp.An |
Uncontrolled Keywords: | Dismenore, Nyeri, Yoga |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | S1 Pendidikan Kedokteran |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 07:59 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 07:59 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102121 |
Actions (login required)
View Item |