PERBANDINGAN KUALITAS TELUR AYAM KOKOK BALENGGEK YANG DI PELIHARA PADA KELOMPOK TERNAK KINANTAN BAGOMBAK(Ex situ) DENGAN KELOMPOK TERNAK TIGO LURAH(In situ)

HUTAMA, RIADI (2016) PERBANDINGAN KUALITAS TELUR AYAM KOKOK BALENGGEK YANG DI PELIHARA PADA KELOMPOK TERNAK KINANTAN BAGOMBAK(Ex situ) DENGAN KELOMPOK TERNAK TIGO LURAH(In situ). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Abstrack)
ABSTRCK.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAK.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ayam Kokok Balenggek (AKB) merupakan plasma nutfah unggas asal Sumatra Barat yang memiliki suara yang khas dan merdu serta bersusun-susun (balenggek). Pelestarian Ayam Kokok Balenggek dikembangkan disentra produksi pada kelompok ternak Tigo Lurah dengan penerapan sistem pemeliharaan ekstensif sedangkan diluar disentra produksi pada kelompok ternak Kinantan Bagombak dengan sistem pemeliharaan intensif dan semi intensif. Pemeliharaan ini untuk meningkatkan populasi dan memproduksi telur tetas yang efisien dengan kualitas telur yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas telur Ayam Kokok Balenggek yang dipelihara di kelompok ternak Kinantan Bagombak (ex situ) dan kelompok ternak Tigo Lurah (in situ). Jumlah sampel 100 butir telur AKB, terdiri dari 50 butir telur kelompok ternak Kinantan Bagomak dan 50 butir telur kelompok ternak Tigo Lurah. Peubah yang diamati meliputi kualitas ekternal telur seperti: berat telur, indeks telur, ketebalan kerabang, bobot kerabang, bobot inershell, rongga udara dan kualitas internal telur seperti: indeks putih, tinggi putih, HU, bobot putih, bercak darah, bercak daging, indeks kuning, warna kuning, dan bobot kuning. Analisis data menggunakan uji statistik t independent sample test sebagai perbandingan kualitas telur Ayam Kokok Balenggek. Hasil analisis statistik penelitian memperlihatkan kualitas eksternal telur Ayam Kokok Balenggek kelompok ternak Kinantan Bagombak dengan kelompok ternak Tigo Lurah seperti indeks telur, ketebalan kerabang, bobot kerabang, dan bobot inner shell tidak ada perbedaan kualitas, sedangkan berat telur, rongga udara ada perbedaan kualitas. Untuk kualitas internal telur Ayam Kokok Balenggek kelompok ternak Kinantan Bagombak dengan kelompok ternak Tigo Lurah seperti indeks putih, HU, bobot putih, tidak ada perbedaan kualitas, sedangkan indeks kuning, bobot kuning, warna kuning ada perbedaan kualitas. Perbedaan kualitas telur baik eksternal dan internal telur disebabkan oleh bobot badan, genetik, nutrisi pakan, lingkungan, kesehatan, manajemen pemeliharaan, umur dan suhu lama penyimpanan telur. Kata kunci : Ayam Kokok Balenggek, kualitas eksternal telur, kualitas internal telur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 08 Jun 2016 06:47
Last Modified: 08 Jun 2016 06:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10208

Actions (login required)

View Item View Item