Analisis Hindcasting Gelombang Terhadap perubahan Garis Pantai di Perairan Pesisir Pantai Padang Menggunakan Data Angin Permukaan

Widi, Satria Indriani (2021) Analisis Hindcasting Gelombang Terhadap perubahan Garis Pantai di Perairan Pesisir Pantai Padang Menggunakan Data Angin Permukaan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Absratk)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Widi Satria Indriani (Skripsi).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitan ini dilakukan di sepanjang garis pantai Padang, Kecamatan Padang Barat Kota Padang untuk mengetahui dan memetakan perubahan garis pantai di sepajang pesisir Pantai Padang. Metode yang digunakan adalah metode hindcasting gelombang berdasarkan data angin 10 tahun dari tahun 2010 – tahun 2019 dari Stasiun Meteorologi Maritim Teluk Bayur untuk mendapatkan tinggi dan periode gelombang signifikan dan metode tumpang susun (overlay) citra satelit Landsat 5 TM tahun 2011 dan Landsat 8 OLI/TIRS tahun 2019 untuk mendapatkan gambaran perubahan garis pantai yang terjadi, kemudian dianalisa menggunakan metode Digital Shoreline Analysis System (DSAS) untuk menghasilkan besaran dan laju perubahan garis pantai. Hasil penelitian menunjukkan gelombang di perairan Pantai Padang didominasi oleh gelombang dari arah Barat Daya pada bulan Mei tahun 2012 dengan H = 1,58 m dan T = 5,27 s. koefisien refraksi yang terjadi berkisar antara 0,96 sampai 0,99 dan koefisien shoaling yang terjadi sekitar 0,91 sampai 1,42. Tinggi gelombang pecah yang di dapat setelah mengalami transformasi adalah 0,96 m sampai 2,05 m pada kedalaman 0,5 m sampai 25 m. Garis pantai Kota Padang mengalami abrasi dengan laju abrasi 3,50 m/tahun dan laju akresi 3,89 m/tahun. Daerah abrasi terletak di daerah Muaro Lasak, Purus dan akresi terletak di belakang Hotel Pangeran Beach, Rimbo Kaluang dan Flamboan Baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dwi Pujiastuti, M.Si
Uncontrolled Keywords: abrasi, akresi, garis pantai, gelombang pecah, Pantai Padang
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 25 Apr 2022 07:36
Last Modified: 25 Apr 2022 07:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102047

Actions (login required)

View Item View Item