DINAMIKA KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI PETANI KULIT MANIS DI NAGARI LIMAU GADANG KECAMATAN BAYANG UTARA KABUPATEN PESISIR SELATAN TAHUN 2013-2019

Rion, Albukhari (2022) DINAMIKA KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI PETANI KULIT MANIS DI NAGARI LIMAU GADANG KECAMATAN BAYANG UTARA KABUPATEN PESISIR SELATAN TAHUN 2013-2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER WATERMARK.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I WATERMARK.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V WATERMARK.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA WATERMARK.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL RION ALBUKHARI WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Dinamika Kehidupan Sosial Ekonomi Petani Kulit Manis Di Nagari Limau Gadang Kecamatan Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2013-2019”. Fokus penelitian ini adalah dinamika petani kulit manis di Nagari Limau Gadang dan perubahan kehidupan sosial ekonomi masyarakat petani kulit manis di Nagari Limau Gadang. Dimulai dari turunnya harga kulit manis di pasaran yakni pada tahun 2013 hingga kulit manis mengalami peningkatan harga pada tahun 2019. Penelitian ini dilakukan untuk melihat peran kulit manis yang telah membawa serangkaian perubahan terhadap kehidupan masyarakat petani di Nagari Limau Gadang. Indikasi perubahan-perubahan itu pertama, sebelum tahun 2013 hampir tidak ada anak dari Nagari Limau Gadang itu yang kuliah, dengan alasan utama adalah rendahnya kemampuan ekonomi, kalau pun ada yang kuliah, itu bisa dihitung jari belaka. Pada umumnya mereka yang mampu mengkuliahkan anaknya sebelum tahun 2013 itu adalah keluarga yang berpunya atau setidaknya orang tuanya memiliki jabatan di nagari, namun di tahun 2013 beberapa anak dari petani telah ada yang kuliah. Kedua, pembangunan rumah dan perbaikan rumah oleh penduduk Nagari Limau Gadang. Dalam rentang waktu 2013-2019 tidak sedikit jumlahnya masyarakat di Nagari Limau Gadang yang memperbaiki dan menambah fasilitas di rumah mereka. Perlu dikemukakan bahwa penduduk Nagari Limau Gadang sebelum tahun 2013 masih banyak yang belum mempunyai WC untuk BAB, untuk BAB mereka pergi ke lurah, namun dalam rentang waktu 2013-2019 itu sudah banyak penduduk yang membangun WC di rumah mereka. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kulit manis telah membawa kesejahteraan sosial dan ekonomi bagi masyarakat di Nagari Limau Gadang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Midawati
Uncontrolled Keywords: Petani, Dinamika, Kulit Manis
Subjects: D History General and Old World > DS Asia
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: S1 Ilmu Sejarah
Date Deposited: 09 May 2022 04:06
Last Modified: 09 May 2022 04:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101983

Actions (login required)

View Item View Item