Hubungan Brand City of Randang Kota Payakumbuh dengan Minat Kunjungan Wisatawan

Gina, Arisandi (2022) Hubungan Brand City of Randang Kota Payakumbuh dengan Minat Kunjungan Wisatawan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img] Text (NASKAH SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL UPLOAD 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

City branding merupakan salah satu strategi komunikasi dalam pemasaran yang dilakukan oleh sebuah kota dalam bentuk branding identitas kota seperti pembentukan logo, serta menonjolkan ciri khas dan keunggulan dengan tujuan salah satunya untuk menarik minat kunjungan wisatawan yang dapat berdampak pada peningkatan pertumbuhan kota, terutama di bidang ekonominya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Brand City of Randang Kota Payakumbuh dengan Minat Kunjungan Wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 wisatawan yang mengunjungi Kota Payakumbuh saat penelitian berlangsung yang didapatkan dengan menggunakan rumus Lemeshow. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji koefisien korelasi (Rank Spearman Rho) dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 28. Dalam penelitian ini menggunakan teori city of hexagon oleh Anholt (2007:59) yang terdapat enam aspek pada city branding, yaitu presence (kehadiran), place (tempat), potential (potensi), pulse (daya tarik), people (orang), dan prerequisite (prasyarat). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan brand city of randang Kota Payakumbuh dengan minat kunjungan wisatawan ke Kota Payakumbuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa HO memiliki nilai signifikan yaitu 0,001 < 0,05 yang menyatakan HO ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat hubungan yang signifikan antara brand city of randang Kota Payakumbuh dengan Minat Kunjungan Wisatawan. Dalam penelitian ini hasil uji korelasi Rank Spearman Rho menghasilkan total nilai yang berbeda. Pada enam sub-variabel terdapat hubungan yang cukup kuat pada sub-variabel pulse (daya tarik), people (orang) dan prerequisite (prasyarat), presence (kehadiran) dan potential (potensi) dan hubungan yang kuat pada sub-variabel place (tempat) dengan minat berkunjung wisatawan ke Kota Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si
Uncontrolled Keywords: City Branding, City of Randang, Minat Berkunjung, Kota Payakumbuh
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 25 Apr 2022 08:11
Last Modified: 25 Apr 2022 08:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101944

Actions (login required)

View Item View Item