PERBEDAAN RERATA KADAR D-DIMER DENGAN USIA DAN JENIS KELAMIN PADA PASIEN COVID-19 YANG DIRAWAT DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Firhan, Fadlillah Ghany (2022) PERBEDAAN RERATA KADAR D-DIMER DENGAN USIA DAN JENIS KELAMIN PADA PASIEN COVID-19 YANG DIRAWAT DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
Bab 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Coronavirus disease 2019 (COVID-19) adalah penyakit virus yang sangat menular yang disebabkan oleh severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Pasien lanjut usia dengan infeksi COVID-19, terutama pada kasus yang lebih parah, memiliki risiko dalam keadaan hiperkoagulasi serta meningkatkan kejadian trombosis. Mekanisme genetik dan mekanisme endokrin, memengaruhi mekanisme koagulopati dan trombosis pada COVID-19. D-dimer yang tinggi pada pasien COVID-19 disebabkan oleh hiperinflamasi yang kemudian menyebabkan koagulopati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rerata kadar D-dimer dengan usia dan jenis kelamin pada pasien COVID-19 yang dirawat di RSUP. Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross- sectional menggunakan data rekam medis 107 pasien COVID-19 yang dirawat di RSUP. Dr. M. Djamil Padang tahun 2021. Teknik pengambilan sampel adalah consecutive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat. Kelompok usia terbanyak pada pasien COVID-19 yang dirawat adalah kelompok usia 46-65 tahun, jenis kelamin terbanyak adalah perempuan dan rerata kadar D-dimer adalah 2632,6 ng/ml. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna antara rerata kadar D-dimer pada kelompok usia yang berbeda pada pasien COVID-19 (p=0,02). Tidak ada perbedaan yang bermakna rerata kadar D-dimer antara laki-laki dan perempuan pada pasien COVID-19 (p=0,413). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang bermakna antara rerata kadar D-dimer pada kelompok usia yang berbeda pada pasien COVID-19 dan tidak ada perbedaan yang bermakna rerata kadar D-dimer antara laki-laki dan perempuan pada pasien COVID-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Dwi Yulia, Sp.PK
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Usia, Jenis Kelamin, Kadar D-dimer.
Subjects: R Medicine > RB Pathology
R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 22 Apr 2022 07:10
Last Modified: 22 Apr 2022 07:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101934

Actions (login required)

View Item View Item