UJI EFEKTIVITAS PEMBERIAN EKSTRAK METANOL BIJI PETAI (Parkia speciosa Hassk) TERHADAP KADAR KOLESTEROL TIKUS GALUR WISTAR YANG DIINDUKSI PAKAN TINGGI LEMAK

Maghfira, Ramadhani (2022) UJI EFEKTIVITAS PEMBERIAN EKSTRAK METANOL BIJI PETAI (Parkia speciosa Hassk) TERHADAP KADAR KOLESTEROL TIKUS GALUR WISTAR YANG DIINDUKSI PAKAN TINGGI LEMAK. Diploma thesis, Univesitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Petai dengan nama ilmiah Parkia speciosa Hassk. merupakan salah satu tumbuhan herbal yang sudah lama digunakan. Fitokimia didalam petai seperti flavonoid, tanin, fitosterol, alkaloid, dan saponin memiliki efek dalam menurunkan kolesterol dalam darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas ekstrak metanol biji petai terhadap kadar kolesterol tikus galur wistar yang diinduksi pakan tinggi lemak. Penelitian true experimental dengan post test only control group design menggunakan 25 ekor tikus yang dibagi menjadi 5 kelompok yaitu kelompok kontrol (negatif dan positif) dan kelompok perlakuan (perlakuan 1, 2 dan 3). Pemberian pakan tinggi lemak selama 30 hari dilakukan pada kelompok K+, P1, P2, dan P3. Lalu dilanjutkan dengan pemberian ekstrak metanol biji petai pada kelompok perlakuan dengan masing-masing dosis 100 mg/kgBB, 200 mg/kgBB, dan 400 mg/kgBB selama 10 hari. Rerata kadar kolesterol diperiksa dengan metode CHOD-PAP dan dilakukan analisis data menggunakan uji nonparametrik Kruskal-Wallis dan Post-Hoc Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak metanol biji petai dengan dosis 100 mg/kgBB, 200 mg/kgBB, dan 400 mg/kgBB memiliki perbedaan bermakna dengan kelompok kontrol positif (p<0,05). Penelitian ini menunjukkan ekstrak metanol biji petai memiliki efektivitas dalam menurunkan kadar kolesterol pada tikus galur wistar yang diinduksi pakan tinggi lemak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Yustini Alioes, Msi, Apt
Uncontrolled Keywords: fitokimia, ekstrak metanol, biji petai, kolesterol
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 25 Apr 2022 07:49
Last Modified: 25 Apr 2022 07:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101880

Actions (login required)

View Item View Item