UJI EFEKTIVITAS BEBERAPA JENIS ATRAKTAN UNTUK MENGENDALIKAN HAMA LALAT BUAH (Bactrocera spp) PADA TANAMAN JERUK SIAM (Citrus nobilis Lour.) DI KELURAHAN LAMBUNG BUKIT KECAMATAN PAUH KOTA PADANG

Nurmeilia, Tasari Andani (2022) UJI EFEKTIVITAS BEBERAPA JENIS ATRAKTAN UNTUK MENGENDALIKAN HAMA LALAT BUAH (Bactrocera spp) PADA TANAMAN JERUK SIAM (Citrus nobilis Lour.) DI KELURAHAN LAMBUNG BUKIT KECAMATAN PAUH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1. PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V. PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu cara pengendalian lalat buah yang ramah lingkungan dan tidak meninggalkan residu pada tanaman adalah dengan menggunakan berbagai jenis atraktan. Penelitian bertujuan untuk menentukan jenis atraktan yang paling efektif dalam mengendalikan populasi hama lalat buah pada tanaman jeruk siam dan mengidentifikasi jenis lalat buah yang menyerang pertanaman jeruk siam di Kelurahan Lambung Bukit Kecamatan Pauh Kota Padang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri atas empat perlakuan dan lima ulangan. Perlakuan berupa berbagai jenis atraktan perangkap lalat buah yaitu petrogenol, rongit glue, chery glue, dan king super glue. Hasil penelitian menunjukkan bahwa spesies lalat buah yang menyerang buah jeruk di kelurahan Lambung Bukit kecamatan Pauh kota Padang yaitu Bactrocera dorsalis (Hendel) dan Bactrocera umbrosa (Fabricius). Jenis atraktan yang paling efektif mengendalikan populasi lalat buah adalah rongit glue dan king super glue dengan jumlah lalat buah terperangkap paling banyak pada keduanya. Rongit glue memerangkap 94,2 ekor dan king super glue 91,0 ekor selama 6 minggu. Hasil identifikasi terdapat dua jenis lalat buah yang menyerang buah jeruk di kelurahan Lambung Bukit kecamatan Pauh kota Padang yaitu Bactrocera dorsalis (Hendel) dan Bactrocera umbrosa (Fabricius). Jumlah buah jeruk yang gugur cenderung lebih sedikit pada tanaman yang dipasang kedua perangkap dengan atraktan diatas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Hidrayani, MSc
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : atraktan, pengendalian, lalat buah , tanaman jeruk siam
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 21 Apr 2022 04:15
Last Modified: 21 Apr 2022 04:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101802

Actions (login required)

View Item View Item