PENGARUH DOSIS BOKASHI JERAMI PADI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL PADI (Oryza sativa L.) METODE HAZTON DALAM SISTEM JARWO 2:1

Wiange Mimanda, Furti Songu (2022) PENGARUH DOSIS BOKASHI JERAMI PADI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL PADI (Oryza sativa L.) METODE HAZTON DALAM SISTEM JARWO 2:1. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover Dan Abstrak)
Cover abstrak.pdf - Published Version

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (Penutup))
BAB V.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (585kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI ANGE PART 25 AFTER KOMPRE - Copy.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemupukan organik seperti bokashi jerami padi akan mempengaruhi pertumbuhan dan hasil tanaman padi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian bokashi jerami padi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman padi serta untuk memperoleh dosis terbaik bokashi jerami dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil padi (Oryza sativa L.) metode Hazton dalam sistem Jarwo 2:1 varietas Batang Piaman. Penelitian ini dilaksanakan di jalan Rimbo Tarok kelurahan Gunung Sarik kecamatan Kuranji kota Padang dari bulan Februari hingga Mei 2021. Percobaan ini dilaksanakan dengan metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 6 perlakuan dan masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali sehingga terdapat 18 petak percobaan. Data dianalisis dengan sidik ragam melalui uji F pada taraf 5%. Jika F hitung perlakuan berbeda nyata, maka dilakukan uji lanjut dengan DNMRT pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan dan hasil padi metode Hazton dalam sistem Jarwo 2:1 yang diberi bokashi jerami padi lebih baik dari pada padi yang tidak diberi bokashi jerami padi. Dosis bokashi jerami padi yang terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil padi metode Hazton dalam sistem Jarwo 2:1 adalah 15 ton/ha. Dosis bokashi jerami padi 15 ton/ha terlihat sangat berpengaruh pada panjang malai, jumlah gabah per malai, jumlah gabah bernas per malai, persentase gabah bernas, hasil gabah per petak, dan hasil gabah per hektar padi dengan bobot gabah per petak yaitu 4.30 kg/petak dan bobot gabah per hektar yaitu 5.73 ton/ha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Auzar Syarif, MS
Uncontrolled Keywords: padi, batang piaman, bokashi jerami padi, hazton,jarwo
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 20 Apr 2022 04:18
Last Modified: 20 Apr 2022 04:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101741

Actions (login required)

View Item View Item