IDENTIFIKASI SOIL-TRANSMITTED HELMINTHS DENGAN PEMERIKSAAN MIKROSKOPIS PADA ORANG DEWASA DI KELURAHAN PASIE NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

Daffa, Ahmad Naufal (2022) IDENTIFIKASI SOIL-TRANSMITTED HELMINTHS DENGAN PEMERIKSAAN MIKROSKOPIS PADA ORANG DEWASA DI KELURAHAN PASIE NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
Bab I.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan))
Bab VI.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Soil-transmitted helmiths (STH) merupakan parasit yang paling sering ditemukan pada manusia, infeksi STH sering menyebabkan morbiditas namun kerap terabaikan sehingga di kategorikan oleh WHO sebagai neglegted tropical disease, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi infeksi STH pada orang dewasa sehat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kategorik, dengan metode pengambilan sampel multi stage random sampling. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang dan menergetkan populasi dewasa dengan total 127 sampel. Kemudian sampel akan diperiksan secara mikroskopis dengan metode kato-katz. Berdasarkan hasil penelitian tersebut didapatkan dari 127 sampel, 18,9% terpapar STH, infeksi terbanyak dijumpai pada kelompok usia 18-49 tahun (83,3%) dan jenis kelamin perempuan (70,8,%). Spesies yang ditemukan adalah Ascaris lumbricoides (8,3%), Trichuris trichura (87,5%) dan mixed infection Ascaris lumbricoides dan Trichuris trichura pada satu sampel feses (4,2%). Keseluruhan infeksi (100%) dalam intensitas ringan, namun responden laki-laki memiliki proporsi infeksi yang lebih tinggi (26,9%) dibanding perempuan (16,8%). Kesimpulan penelitian ini adalah masih teridentifikasinya infeksi STH pada orang dewasa sehat di Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Oleh karena itu, dibutuhkan tindakan pengendalian untuk menurunkan angka infeksi STH pada orang dewasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Nuzulia Irawati, MS
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 20 Apr 2022 05:05
Last Modified: 20 Apr 2022 05:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101682

Actions (login required)

View Item View Item