Respon Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) Terhadap Pemberian Pupuk Organik Cair Kulit Pisang dan Pemangkasan

Zulma, Yetti (2022) Respon Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) Terhadap Pemberian Pupuk Organik Cair Kulit Pisang dan Pemangkasan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dalam bentuk percobaan telah dilaksanakan di Jorong Koto Dalam, Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, pada bulan Oktober 2020 – Januari 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi beberapa konsentrasi pupuk organic cair (POC) kulit pisang dan pemangkasan, untuk memperoleh konsentrasi POC kulit pisang terbaik,dan perlakuan pemangkasan terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang tanah (Arachis hypogaea L.). Metode penelitian berbentuk percobaan lapangan dengan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi POC kulit pisang yang terdiri dari tiga taraf yaitu 0%, 20%, dan 40%. Faktor kedua adalah pemangkasan tanaman yang terdiri dari empat taraf yaitu tanpa dipangkas, dipangkas pada ruas ke-5 batang utama, dipangkas pada ruas ke-6 batang utama dan dipangkas pada ruas ke-7 batang utama. Data dianalisis dengan uji F dan apabila F hitung berbeda nyata dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan’s New Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5%. Hasil percobaan menunjukkan pemberian POC kulit pisang konsentrasi 20% dan pemangkasan batang utama ruas ke-5 memberikan pertumbuhan dan hasil terbaik. Pemberian POC kulit pisang konsentrasi 20% menghasilkan tinggi tanaman dan jumlah cabang primer yang lebih tinggi daripada konsentrasi POC 0%, namun lebih rendah dari pada POC kulit pisang konsentrasi 40%.Perlakuan pemangkasan batang utama yang terbaik adalah pada ruas ke-5, menghasilkan berat kering angin biji per tanaman tertinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nilla Kristina, S.P., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: kacang tanah, POC kulit pisang, pemangkasan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 19 Apr 2022 03:59
Last Modified: 19 Apr 2022 03:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101633

Actions (login required)

View Item View Item