PENDUGAAN PARAMETER NILAI TENGAH UNTUK RAGAM DIKETAHUI DARI DISTRIBUSI NORMAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAXIMUM LIKELIHOOD ESTIMATION (MLE) DAN METODE BAYES

NIA, ANDRIANI (2015) PENDUGAAN PARAMETER NILAI TENGAH UNTUK RAGAM DIKETAHUI DARI DISTRIBUSI NORMAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAXIMUM LIKELIHOOD ESTIMATION (MLE) DAN METODE BAYES. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201511031508rd_nia andriani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menduga nilai tengah untuk ragam diketahui dari distribusi Normal dengan metode Maximum Likelihood Estimation (MLE) dan metode Bayes serta membandingkan hasil yang diperoleh dari kedua metode tersebut. Penduga parameter yang dihasilkan akan dievaluasi berdasarkan sifat ketakbiasan dan nilai Mean Square Error (MSE). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data bangkitan yang berdistribusi Normal. Studi simulasi dilakukan untuk membangkitkan beberapa ukuran data untuk kemudian dibandingkan nilai dugaan dan nilai Mean Square Error (MSE) yang diperoleh dari penerapan kedua metode tersebut. Simulai ini menghasilkan metode Bayes lebih konsisten dibandingkan dengan menggunakan metode Maximum Likelihood Estimation (MLE). Kata kunci: nilai tengah, Distribusi Normal, Maximum Likelihood Estimation,metode Bayes, Mean Square Error.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 18 Jun 2016 07:18
Last Modified: 18 Jun 2016 07:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10163

Actions (login required)

View Item View Item