STUDI KINERJA CHECK-IN COUNTER TERMINAL BANDAR UDARA INTERNASIONAL MINANGKABAU TERHADAP TINGKAT PELAYANAN PENUMPANG

RIZKY, RAMADHONA (2014) STUDI KINERJA CHECK-IN COUNTER TERMINAL BANDAR UDARA INTERNASIONAL MINANGKABAU TERHADAP TINGKAT PELAYANAN PENUMPANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (FULLTEXT)
201410271054th_rizky ramadhona 1010922062.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bandar udara merupakan prasarana penting dalam kegiatan transportasi udara. Terlebih lagi Indonesia yang merupakan negara kepulauan dimana transportasi udara sangat berperan penting bagi kelancaran aktivitas penduduknya. Tiap tahunnya, jumlah penumpang di Bandara Internasional Minangkabau, baik internasional maupun domestik mengalami peningkatan. Meningkatnya jumlah penumpang juga berhubungan dengan meningkatnya aktivitas penumpang di terminal bandara, termasuk di area check-in counter, dimana jumlah check-in count er yang ada tidak sebanding dengan peningkatan jumlah penumpang. Keadaan seperti ini tentu saja akan menimbulkan antrian yang akan memengaruhi kinerja pelayanan check-in counter itu sendiri. Dengan melakukan analisa sistem antrian didapatkan beberapa hasil seperti jenis dari distribusi data antrian, jumlah konter dan luas area check-in counter yang dibutuhkan, serta analisa terhadap kinerja pelayanan berdasarkan waktu tunggu dan waktu layan dari konter yang diamati. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh bahwa untuk waktu kedatangan mengikuti distribusi Poisson, waktu pelayanan mengikuti distribusi eksponensial. Dari segi waktu tunggu rata-rata diperoleh bahwa waktu tunggu rata-rata masih berada di bawah standar SKEP/284/X/1999 (kategori “Baik”, <20’) dan untuk waktu layan ratarata sudah mendekati waktu layan standar SKEP/284/X/1999 (kategori “Cukup”, <2’30’’). Untuk jumlah konter eksisting masih perlu dilakukan penambahan. Sedangkan untuk luas area eksisting yang dibutuhkan masih memadai untuk menampung penumpang di jam sibuk. Untuk kebutuhan jumlah check-in counter dan luas area check-in counter di masa mendatang dapat diperkirakan dengan melakukanperamalan dari data arus penumpang pada jam puncak. Berdasarkan hasil peramalan didapatkan bahwa untuk luas ar ea check-in counter eksisting masih mampu menampung penumpang pada jam puncak. Sedangkan untuk jumlah check-in counter masa mendatang perlu dilakukan penambahan untuk kelancaran pelayanan penumpang di check-in counter. Kata kunci: check-in counter, antrian, pelayanan, peramal an

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 02 Jun 2016 09:47
Last Modified: 02 Jun 2016 09:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10158

Actions (login required)

View Item View Item