HUBUNGAN STADIUM KANKER DAN JENIS TERAPI YANG DIBERIKAN DENGAN TINGKAT KUALITAS HIDUP PENDERITA KANKER BULI-BULI DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2018–2021

Fikri, Fadhil (0015) HUBUNGAN STADIUM KANKER DAN JENIS TERAPI YANG DIBERIKAN DENGAN TINGKAT KUALITAS HIDUP PENDERITA KANKER BULI-BULI DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2018–2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img] Text (Skripsi fulltext)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendahuluan :Kualitas hidup merupakan penilaian yang sangat penting dalam mengevaluasi persepsi seseorang terhadap penyakit yang dimilikinya. Karakteristik stadium kanker dan jenis terapi yang diberikan pada penderita kanker buli-buli dapat mempengaruhi tingkat kualitas hidup secara keseluruhan.Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara stadium kanker dan jenis terapi yang diberikan dengan tingkat kualitas hidup. Metode :Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik consecutive sampling.Penelitian berlangsung dari Agustus 2021–Maret 2022 di RSUP Dr. M. Djamil Padang dengan jumlah sampel sebanyak 64 orang.Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner EORTC QLQ-C30 dan rekam medis penderita kanker buli-buli. Hasil :Kanker buli-buli paling sering terjadi pada orang dengan usia >45 tahun dan berjenis kelamin laki-laki. Stadium kanker yang sering ditemukan adalah stadium II dan jenis terapi yang sering dilakukan adalah TURBT. Stadium kanker dan jenis terapi yang digunakan memiliki hubungan bermakna secara statistik dengan tingkat kualitas hidup penderita kanker buli-buli (p=0,01; p=0,04). Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara stadium kanker dan jenis terapi yang diberikan dengan tingkat kualitas hidup penderita kanker buli- buli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Alvarino, Sp.B, Sp.U (K).
Uncontrolled Keywords: Kanker buli-buli, kualitas hidup, usia, jenis kelamin, stadium kanker, jenis terapi.
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 14 Apr 2022 07:03
Last Modified: 14 Apr 2022 07:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101577

Actions (login required)

View Item View Item