HUBUNGAN RASIO NEUTROFIL LIMFOSIT PADA PASIEN CEDERA KEPALA SEDANG DISERTAI PERDARAHAN INTRASEREBRAL DENGAN OUTCOME PASIEN

Vandra, Prinosa (2022) HUBUNGAN RASIO NEUTROFIL LIMFOSIT PADA PASIEN CEDERA KEPALA SEDANG DISERTAI PERDARAHAN INTRASEREBRAL DENGAN OUTCOME PASIEN. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img] Text (THESIS FULL)
TESIS VANDRA PRINOSA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dan Tujuan: Cedera kepala masih menjadi masalah kesehatan utama yang merupakan salah satu penyebab umum dari kecacatan dan kematian. Cedera kepala derajat sedang cukup sering terjadi dengan outcome pada pasien yang bervariasi. Pemeriksaan neutrophil dan limfosit cukup rutin dilakukan di layanan Kesehatan dan penggabungan kedua nilai ini memiliki nilai prediktif yang lebih kuat untuk menilai outcome pada pasien karena menggambarkan reaksi inflamasi. GOS merupakan skala yang umum dipakai untuk mengklasifikasikan outcome pada pasien. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan RNL dengan GOS pada pasien cedera kepala sedang dengan perdarahan intraserebral. Metode: penelitian ini memiliki desain studi cross sectional dengan sampel berasal dari pasien cedera kepala sedang dengan gambaran CT-Scan perdarahan intraserebral di RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2021 dan 2022. Data berasal dari rekam medis dan observasi sampel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi Hasil: didapatkan sebanyak 36 sampel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dengan rerata, median dan min-max usia berturut-turut adalah 40, 42, dan 14-76 tahun. Sebagian besar subjek (61,1%) berjenis kelamin laki-laki. Sebanyak 55,6% subjek memiliki RNL ≥ 7,35 dengan sebanyak 44,4% subjek memiliki GOS yang buruk. Pada penelitian ini didapatkan hubungan yang signifikan secara statistik antara rasio neutrofil limfosit pada pasien cedera kepala sedang disertai perdarahan intraserebral dengan glasgow outcome scale (p value = 0,005). Kesimpulan: RNL dapat memprediksi outcome pada pasien cedera kepala sedang dengan perdarahan intraserebral.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. Syaiful Saanin, SpBS
Uncontrolled Keywords: cedera kepala sedang, perdarahan intraserebral, RNL, GOS
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 14 Apr 2022 07:00
Last Modified: 14 Apr 2022 07:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101569

Actions (login required)

View Item View Item