Efek Pembatasan dan Ransum Refeeding Terhadap Intake Protein, Laju Pertumbuhan, Karkas, Lemak Abdominal dan Rasio Efisiensi Protein Ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB-1).

Zakya, Komala Dewi (2022) Efek Pembatasan dan Ransum Refeeding Terhadap Intake Protein, Laju Pertumbuhan, Karkas, Lemak Abdominal dan Rasio Efisiensi Protein Ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB-1). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover+Abstrak.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL+Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembatasan pakan dan pemberian ransum pemulihan dengan level protein yang berbeda terhadap intake protein, laju pertumbuhan, karkas, lemak abdominal, dan rasio efisiensi protein pada ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB-1). Ternak yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB-1) yang berumur 2 minggu berjumlah 120 ekor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembatasan ransum memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap intake protein, laju pertumbuhan dan rasio efisiensi protein. Pada masa pemulihan, pemberian ransum dengan level protein yang berbeda yaitu 17,5% dan 19% juga memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap intake protein, laju pertumbuhan dan rasio efisiensi protein. Selama penelitian, pembatasan ransum dan pemberian ransum refeeding dengan level protein yang berbeda memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap intake protein, namun tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap laju pertumbuhan, karkas, lemak abdominal dan rasio efisiensi protein.Berdasarkan penelitian ini diperoleh bahwa perlakuan B pembatasan ransum sebanyak 30% dan pemberian ransum refeeding dengan level protein 17,5% memberikan hasil intake protein 62,48 g, laju pertumbuhan 0,23, bobot karkas 543,00 g, persentase karkas 60,43 %, bobot lemak abdominal 10,85 g, persentase lemak abdominal 1,22 %dan rasio efisiensi protein 8,21. Kata kunci : ayam kub-1, protein, pembatasan pakan, ransum refeeding, intake protein.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Peternakan Peternakan
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:27
Last Modified: 13 Apr 2022 04:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101539

Actions (login required)

View Item View Item