UPAYA MEREDUKSI WASTE PADA PRODUKSI YOGHURT DI IKM MANDE BAGARAK PAYAKUMBUH

Afifah, Afifah (2022) UPAYA MEREDUKSI WASTE PADA PRODUKSI YOGHURT DI IKM MANDE BAGARAK PAYAKUMBUH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Dastar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rumah Produksi Mande Bagarak yang terletak di Tanjung Pati, Kota Payakumbuh merupakan salah satu Industri Kecil Menengah (IKM) yang bergerak di bidang pangan. Produk yang dihasilkan dan dipasarkan oleh usaha ini yaitu roti sobek buah naga dan ubi jalar, roti tawar buah naga dan ubi jalar, kue brownies, cheese stick, mie buah naga, kopi silopake, dan yoghurt. Dalam tugas akhir ini, penulis memfokuskan penelitian pada produksi yoghurt. Adapun permasalahan yang terjadi pada produksi yoghurt ini terdapat waste pada proses pasteurisasi, proses pemberian rasa, dan pengemasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi waste, mengetahui penyebab adanya waste pada produksi yoghurt serta memberikan alternatif perbaikan untuk mengurangi waste tersebut. Agar tercapainya tujuan penelitian, maka pendekatan yang digunakan untuk meminimalisir waste adalah pendekatan Lean Manufacturing. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan menggunakan metode Waste Relationship Matrix (WRM) dan Waste Assessment Questionnaire (WAQ) diperoleh data tiga jenis waste dengan persentase tertinggi yang terjadi di proses produksi yoghurt, yaitu waste defect sebesar 24,63%, dilanjutkan dengan waste motion sebesar 20,98%, dan di posisi ketiga yaitu waste transportation sebesar 14,14%. Alternatif perbaikan yang diberikan antara lain pembuatan SOP dan pelatihan untuk mengatasi waste defect, usulan pembelian mesin pasteurisasi dan mesin minuman untuk mengatasi waste motion, usulan pembelian blender dan perbaikan layout untuk mengatasi permasalahan waste transportation. Dengan adanya rekomendasi perbaikan tersebut, memberi peningkatan nilai Process Cycle Efficiency (PCE) produksi yoghurt IKM Mande Bagarak menjadi 99,81% yang artinya nilai ini sudah sangat mendekati nilai efisiensi terbaik yaitu 100%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Desto Jumeno, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Lean Manufacturing, Process Cycle Efficiency, Waste, Waste Relationship Matrix, Waste Assessment Questionnaire
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 19 Apr 2022 07:25
Last Modified: 19 Apr 2022 07:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101533

Actions (login required)

View Item View Item