TINDAKAN SOSIAL MASYARAKAT LOKAL TERHADAP VAKSIN COVID-19 (sTUDI MASYARAKAT JORONG SAWAH PARIK, NAGARI TANJUANG ALAM, KECAMATAN TANJUANG BARU, KABUPATEN TANAH DATAR)

KARINA, MONICA (2022) TINDAKAN SOSIAL MASYARAKAT LOKAL TERHADAP VAKSIN COVID-19 (sTUDI MASYARAKAT JORONG SAWAH PARIK, NAGARI TANJUANG ALAM, KECAMATAN TANJUANG BARU, KABUPATEN TANAH DATAR). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV PENUTUP)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img] Text (SKEIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatabelakangi oleh merambatnya virus covid-19 di Indonesia telah memakan korban yang cukup banyak. Guna mengurangi penyebaran virus, pemerintah telah mengeluarkan peraturan tentang wajib vaksin. Penelitian ini memiliki tujuan umum yaitu mendeskripsikan makna dan tindakan masyarakat lokal terhadap vaksin covid-19. Tujuan khusus dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan pengetahuan masyarakat lokal terhadap vaksin covid-19, mengidentifikasi latar belakang masyarakat lokal dalam menghadapi vaksinasi, dan mendeskripsikan tindakan sosial masyarakat lokal pasca vaksinasi covid-19. Dalam menjelaskan masalah penelitian, digunakan Teori Tindakan Sosial oleh Max Weber. Maksud dari tindakan menurut Weber yaitu suatu tindakan individu yang mana tindakan sosial tersebut mempunyai makna atau arti subjektif bagi diri individu serta diarahkan kepada tindakan orang lain. Begitupun tindakan sosial masyarakat yang melakukan program ini, mereka memiliki makna serta latar belakang atas pelaksanaan program vaksinasi covid-19. Sedangkan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara mendalam. Dalam penelitian ini, penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling yaitu menentukan kriteria-kriteria yang dibutuhkan guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini menunjukkan pengetahuan dan tindakan sosial masyarakat yang sudah dan belum melaksanakan vaksin covid-19 yang dipengaruhi oleh latar belakang tertentu. Masyarakat yang memiliki pengetahuan terhadap vaksin akan melakukan vaksinasi, tindakan yang dilakukan yaitu berupa kebebasan berinteraksi, tetap taat akan protokol kesehatan serta mengajak orang lain untuk melaksanakan vaksinasi. Masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi covid-19 memiliki pengetahuan yang kurang terhadap vaksin, tindakan yang dilakukan bersifat acuh yang ditunjukkan dengan masih banyaknya masyarakat yang berkerumun tanpa mementingkan protokol kesehatan, serta banyaknya anggapan bahwa vaksin covid-19 ini tidak menjamin akan terlindungi dari virus corona.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Yulkardi, M. Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : pengetahuan, tindakan sosial, vaksinasi covid-19
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 13 Apr 2022 01:59
Last Modified: 13 Apr 2022 01:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101526

Actions (login required)

View Item View Item