KONSORSIUM BAKTERI ENDOFIT Bacillus spp. UNTUK PENGENDALIAN PENYAKIT REBAH KECAMBAH DAN BUSUK PANGKAL BATANG OLEH Sclerotium rolfsii PADA TANAMAN CABAI (Capsicum annuum L.)

Noveriza, Hermeria (2021) KONSORSIUM BAKTERI ENDOFIT Bacillus spp. UNTUK PENGENDALIAN PENYAKIT REBAH KECAMBAH DAN BUSUK PANGKAL BATANG OLEH Sclerotium rolfsii PADA TANAMAN CABAI (Capsicum annuum L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1. Pendahuluan)
BAB 1. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5. Penutup)
BAB 5. Penutup.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sclerotium rolfsii merupakan salah satu patogen tular tanah pada tanaman cabai yang dapat menyebabkan kehilangan hasil mencapai 75%. Pemanfaatan konsorsium bakteri endofit Bacillus spp. sebagai agens hayati merupakan salah satu alternatif pengendalian yang murah dan ramah lingkungan. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan konsorsium Bacillus spp. terbaik untuk pengendalian penyakit rebah kecambah dan busuk pangkal batang oleh S. rolfsii serta pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman cabai. Penelitian menggunakan metode percobaan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 7 perlakuan dan 6 ulangan. Perlakuan adalah konsorsium Bacillus spp. seperti Perlakuan A (AGBE 2.1 TL+SLBE 2.3 BB), Perlakuan B (AGBE 2.1 TL+SLBE 1.1 BB), Perlakuan C (SLBE 2.3 BB+SLBE 1.1 BB), Perlakuan D (AGBE 2.1 TL+SLBE 1.1 BB+SLBE 2.3 BB), Kontrol positif (tanaman tanpa inokulasi S. rolfsii dan tanpa introduksi Bacillus spp.), Kontrol negatif (tanaman diinokulasikan S. rolfsii tanpa introduksi Bacillus spp.) dan Kontrol pembanding (fungisida berbahan aktif Mankozeb). Peubah yang diamati yaitu perkembangan penyakit, pertumbuhan dan hasil produksi tanaman cabai. Hasil penelitian menunjukkan konsorsium bakteri endofit Bacillus spp. terbaik dalam menekan perkembangan penyakit rebah kecambah dan busuk pangkal batang oleh S. rolfsii, meningkatkan pertumbuhan serta hasil tanaman cabai yaitu konsorsium B. toyonensis AGBE 2.1 TL+ B. thuringiensis SLBE 2.3 BB dengan efektivitas 66,94%. Kata kunci: busuk pangkal batang, cabai, konsorsium, rebah kecambah, Sclerotium rolfsii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 13 Apr 2022 07:04
Last Modified: 13 Apr 2022 07:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101525

Actions (login required)

View Item View Item