NIKEN, AGUSTIN (2015) STUDI FENOMENOLOGI : PENGALAMAN DISMENORE PADA REMAJA DI SMP 10 PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Skripsi Fulltext)
201510301012th_skripsi lengkap niken agustinn 1110323035.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (820kB) |
Abstract
Dismenore merupakan salah satu gangguan ginekologi yang paling umum terjadi pada setiap wanita. Dismenore merupakan nyeri yang muncul saat menstruasi menyebabkan menurunnya kualitas hidup pada wanita. Hasil penelitian French melaporkan bahwa prevalensi dismenore paling tinggi pada remaja perempuan di Amerika Serikat dengan perkiraan antara 20% - 90%. Tujuan penelitian ini adalah mengekskplorasi pengalaman dismenore pada remaja di SMP 10 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Partisipan sebanyak 4 orang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Partisipan pada penelitian ini yaitu siswi kelas VII yang telah menstruasi dalam satu tahun terakhir dan memiliki pengalaman dismenore. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur. Data yang didapatkan saat wawancara ditranskrip secara verbatim dan dianalisis dengan menggunakan metode Collaizi. Hasil penelitian didapatkan 3 tema yaitu, 1) karakteristik dismenore; 2) efek dismenore; dan 3) penanganan dismenore. Hasil penelitian tersebut menunujukkan bahwa siswi yang mengalami dismenore menjadi terganggu saat beraktivitas dan menyebabkan intoleransi aktivitas. Siswi juga terganggu saat belajar di sekolah karena mengalami penurunan konsentrasi. Disarankan Sekolah meningkatkan perawatan siswi yang mengalami menstruasi dengan mengoptimalkan UKS pada sekolah Kata kunci : Pengalaman, Dismenore, Remaja Daftar Pustaka : 48 (2001-2014)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | mrs Rahmadeli rahmadeli |
Date Deposited: | 14 Jun 2016 08:53 |
Last Modified: | 14 Jun 2016 08:53 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10149 |
Actions (login required)
View Item |