Wyvanny, Vanny (2022) PENYELESAIAN KLAIM ASURANSI JIWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI ASURANSI JIWA BERSAMA (AJB) BUMIPUTERA CABANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version Download (352kB) | Preview |
|
|
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (244kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Pandemi Covid-19 mempengaruhi keadaan kesehatan keuangan perusahaan asuransi. Dengan kesehatan keuangan yang bermasalah serta meningkatnya angka kematian terjadi peningkatan angka pengajuan klaim yang berdampak pada penyelesaian klaim nasabah. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengenai prosedur pengajuan klaim, upaya penanggulangan yang diberikan oleh pihak asuransi kepada nasabah yang mengajukan klaim serta upaya hukum yang dapat dilakukan nasabah terhadap pihak asuransi. Penelitian ini menggunakan metode yuridis sosiologis (socio-legal research) dengan penelitian yang bersifat deskriptif. Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera merupakan usaha asuransi jiwa berbadan hukum yang berbentuk usaha bersama. Kewajiban pihak tertanggung dalam asuransi adalah membayarkan premi dan sebaliknya pihak penanggung berkewajiban membayarkan klaim kepada pihak tertanggung. Dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 14/POJK.05/2020 diatur mengenai jangka waktu keterlambatan pembayaran premi oleh tertanggung. Dan keterlambatan tersebut dapat dikenakan sanksi berdasarkan ketentuan dalam Anggaran Dasar Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera. Namun, mengenai pembayaran klaim tidak ada ketentuan yang mengatur berapa lama jangka waktu pembayaran yang seharusnya. Pembayaran klaim pada Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera tidak ada kesepakatan antara kedua belak pihak dalam menentukan jangka waktu pembayaran klaim yang seharusnya dilakukan pihak penanggung. Upaya hukum yang dapat dilakukan oleh pihak tertanggung terhadap pihak asuransi, yaitu dengan mengajukan somasi dan gugatan perdata ke pengadilan. Bentuk upaya penanggulangan yang dilakukan pihak asuransi dalam mengatasi permasalahan kesehatan keuangan yang berakibat pada keterlambatan pembayaran klaim nasabah, yaitu dengan menerapkan sistem antrian, pengurangan operasional hari kerja, pengurangan tenaga kerja dan pembentukan Badan Perwakilan Anggota (BPA) periode 2021-2026. Kata Kunci: Virus Corona (Covid-19), Asuransi Jiwa, Klaim
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 07:26 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 07:26 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101477 |
Actions (login required)
View Item |