ANALISIS HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI KEPALA RUANGAN TERHADAP KINERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PARIAMAN TAHUN 2015

NOVRIANI, HUSNA (2015) ANALISIS HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI KEPALA RUANGAN TERHADAP KINERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PARIAMAN TAHUN 2015. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Fulltext)
201510300745th_tesis kompres.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)

Abstract

Kinerja perawat adalah penampilan hasil karya dari perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan berupa asuhan keperawatan. Penilaian kinerja perawat digunakan untuk mengetahui kualitas pelayanan keperawatan kepada pasien. Berdasarkan hasil wawancara dan kuesioner yang disebarkan kepada 20 orang perawat di rawat inap RSUD Pariaman tentang kinerja perawat diperoleh data sebagian besar perawat memiliki kinerja kurang baik. Adapun salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja perawat diantaranya adalah kepemimpinan dan keefektivan komunikasi kepala ruangan. Jenis penelitian ini adalah study korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah perawat pelaksana yang berstatus PNS di instalasi rawat inap RSUD Pariaman, dengan teknik pengambilan sampel secara total sampling, yaitu sebanyak 59 orang. Penelitian ini menggunakan kuisioner dan analisa data memakai uji chi square. Hasil analisa univariat ditemukan bahwa sebagian besar responden menyatakan gaya kepemimpinan kepala ruangan berfocus pada atasan. Sebagian besar responden menyatakan bahwa komunikasi yang ditunjukkan oleh Kepala ruangan sudah baik. Kinerja perawat di rawat inap RSUD Pariaman sudah baik. Terdapat hubungan yang bermakna antara gaya kepemimpinan dan kemampuan komunikasi Kepala ruangan dengan kinerja perawat di RSUD Pariaman. Diharapkan pada pihak RSUD untuk mengoptimalkan penilaian kinerja dengan instrument yang telah diuji, Meningkatkan kompetensi perawat dengan meningkatkan pelatihan-pelatihan dan seminar. . Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Kemampuan Komunikasi Daftar Pustaka : 48 (2000-2014)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 14 Jun 2016 08:50
Last Modified: 14 Jun 2016 08:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10145

Actions (login required)

View Item View Item