HUBUNGAN KOMPETENSI KEPALA RUANG DENGAN PELAKSANAAN EVALUASI INDIKATOR MUTU KLINIK KEPERAWATAN DI RAWAT INAP RSUD DR. ACHMAD MOCHTAR BUKITTINGGI

DIAN, RIANI FITRI (2015) HUBUNGAN KOMPETENSI KEPALA RUANG DENGAN PELAKSANAAN EVALUASI INDIKATOR MUTU KLINIK KEPERAWATAN DI RAWAT INAP RSUD DR. ACHMAD MOCHTAR BUKITTINGGI. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Fulltext)
201510292228th_cover hal i sd xiv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)

Abstract

Kompetensi Kepala ruang dalam manajemen keperawatan mempunyai peran penting dalam pelaksanaan evaluasi indikator mutu klinik keperawatan. Kepala ruang di rawat inap saat ini jarang menilai dan memberi bimbingan terhadap kegiatan yang dilakukan perawat pelaksana dan pembagian kerja terhadap perawat pelaksana belum maksimal. Tujuan penelitian untuk melihat hubungan kompetensi kepala ruang dengan pelaksanaan evaluasi indikasi mutu klinik keperawatan. Desain penelitian menggunakan deskriptif analitik dengan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat pelaksana di 15 ruang rawat inap RSUD Dr Achmad Mucthar Bukittinggi dengan propotional sampling. Analisa data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara kompetensi perencanaan, pengorganisasian, kepersonaliaan, pengarahan dan pengendalian kepala ruang dengan pelaksanaan mutu klinik keperawatan (p value 0,0001, 0,048, 0,0001, 0,0001, 0,0001). Sub variabel kompetensi kepala ruang yang paling berhubungan dengan pelaksanaan evaluasi indikasi mutu klinik keperawatan adalah kompetensi kepersonaliaan. Penelitian ini menjelaskan bahwa kompetensi kepala ruang yang baik akan menghasilkan pelaksanaan evaluasi indikator mutu klinik akan baik pula. Diharapkan kepala ruang kompeten dalam mengelola dan mengembangkan tenaga perawat agar dapat memberikan asuhan keperawatan secara optimal sehingga indikasi mutu klinik keperawatan tercapai. Kata kunci : kompetensi, kepala ruang, indikator mutu klinik keperawatan. Daftar Pustaka : 54 (2002-2014)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 11 Jun 2016 04:13
Last Modified: 11 Jun 2016 04:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10143

Actions (login required)

View Item View Item