PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PERILAKU PENDERITA DAN KELUARGA DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENULARAN PENYAKIT TUBERKULOSIS PARU DI KOTA PADANG PANJANG

DILA, AMALINA (2015) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PERILAKU PENDERITA DAN KELUARGA DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENULARAN PENYAKIT TUBERKULOSIS PARU DI KOTA PADANG PANJANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201510281550th_skripsi lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)

Abstract

Berdasarkan survey awal yang peneliti lakukan pada tanggal 14 Mei 2015 dengan mewawancarai petugas puskesmasyang tersebar di Kota Padang Panjang, dari 4 puskesmas yang ada hanya satu puskesmas yang menjalankan kegiatan penyuluhan mengenai penyakit tuberkulosis paru dengan sasaran penyuluhannya pasien yang datang berkunjung ke puskesmas. Dan tiga puskesmas lainnya masing-masing ada yang melakukan penyuluhan di UKS, puskesmas lain melakukan penyuluhan tuberkulosis paru di posyandu dan sisanya tidak menjalankan kegiatan penyuluhan mengenai penyakit tuberkulosis. Dari sini peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa program pemberian pendidikan kesehatan mengenai tuberkulosis paru dan pencegahannya tidak berjalan dengan baik di Kota Padang Panjang. Dari hasil wawancara yang peneliti lakukan pada tiga orang penderita tuberkulosis paru yang ditemui di RSUD Kota Padang Panjang pada tanggal 25 Juni 2015 di RSUD Kota Padang Panjang, ditemukan dua penderita tuberkulosis paru yang tinggal serumah, dari tiga penderita tuberkulosis paru yang diwawancarai terdapat dua orang yang tidak menutup mulut saat batuk, tiga orang yang diwawancarai mengaku sering membuang dahak sembarangan dan ketiganya mengatakan tidak tidur terpisah dengan keluarga yang lain selama penyakitnya masih dinyatakan aktif. Berdasarkan data yang telah peneliti paparkan diatas, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Perilaku Pencegahan Penularan Penyakit Tuberkulosis Paru di Kota Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 11 Jun 2016 03:30
Last Modified: 11 Jun 2016 03:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10134

Actions (login required)

View Item View Item