PENDUGAAN KANDUNGAN NITRAT (NO3-) TANAH PADA TIGA JENIS TANAH DENGAN DAYA HANTAR LISTRIK TANAH SERTA KORELASINYA TERHADAP BAKTERI PEMFIKSASI NITROGEN

Febby, Alianti Putri (2022) PENDUGAAN KANDUNGAN NITRAT (NO3-) TANAH PADA TIGA JENIS TANAH DENGAN DAYA HANTAR LISTRIK TANAH SERTA KORELASINYA TERHADAP BAKTERI PEMFIKSASI NITROGEN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB V (PenutupKesimpulan).pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi tugas akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemberian pupuk saat ini tidak mempertimbangkan keberadaan N yang terkandung di dalam tanah sehingga sering menyebabkan kelebihan dan kekurangan nitrogen di dalam tanah. Hal ini menaruh perhatian peneliti untuk terus mengembangkan metode analisis tanah secara cepat, tepat dan mudah dalam mengetahui ketersediaan unsur hara tanah. Salah satu metode yang berkembang dalam sistem pertanian presisi untuk mengetahui ketersediaan hara adalah melalui pengukuran nilai daya hantar listrik tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji korelasi antara nitrat tanah dan daya hantar listrik tanah serta nitrat tanah dan bakteri pemfiksasi nitrogen non simbisosis. Penelitian ini menggunakan metode survei pada 3 jenis tanah, yaitu : Andisol, Entisol dan Ultisol yang berada di Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok dan dilanjutkan dengan analisis laboratorium di Laboratorium Kimia dan Biologi Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas. Data penelitian diolah menggunakan uji regresi, korelasi serta uji-T dengan taraf 1%. Hasil penelitian yang diperoleh adalah daya hantar listrik tanah berkorelasi kuat dengan nitrat tanah (r=0,779) dan persamaan regresi adalah Y=0,26X + 0,05. Korelasi bakteri pemfiksasi non simbiosis terhadap nitrat tanah sangat rendah dan berbanding terbalik (r=-0,285) sehingga bakteri pemfiksasi nitrogen non simbiosis tidak dapat memberikan gambaran terkait ketersediaan nitrat di dalam tanah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Lusi Maira, MAgr,Sc
Uncontrolled Keywords: Bakteri pemfiksasi N non simbiosis, daya hantar listrik, nitrat, pertanian presisi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:51
Last Modified: 07 Apr 2022 06:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101260

Actions (login required)

View Item View Item