Transpor Asam Salisilat Menggunakan  Minyak Nabati Sebagai Membran Cair Dalam Teknik Membran Cair Fasa Ruah

Gusmida, Jafriati (2022) Transpor Asam Salisilat Menggunakan  Minyak Nabati Sebagai Membran Cair Dalam Teknik Membran Cair Fasa Ruah. Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)

Abstract

Penelitian mengenai transpor asam salisilat melalui membran minyak nabati telah  dilakukan dengan menggunakan teknik membran cair fasa ruah yang terdiri dari 70  mL larutan asam salisilat sebagai fasa sumber, 50 mL minyak nabati sebagai fasa  membran, dan 160 mL larutan NaOH sebagai fasa penerima. Teknik percobaan  dilakukan menggunakan magnetik stirrer pada kecepatan 200 rpm dengan waktu  kesetimbangan 15 menit. Konsentrasi asam salisilat dalam fasa sumber dan fasa  penerima ditentukan dengan spektrofotometer UV-Vis pada panjang gelombang 296  nm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi optimum transpor asam salisilat  adalah menggunakan minyak jagung sebagai fasa membran, konsentrasi asam  salisilat 23 x 10-5 M sebagai fasa sumber, pH fasa sumber 1, konsentrasi NaOH 0,4 M sebagai fasa penerima, kecepatan pengadukan 150 rpm dan waktu transpor selama  270 menit. Pada keadaan ini didapatkan persen removal sebesar 47,78 % dan persen  recovery sebesar 50,16 %. Kandungan asam salisilat dalam fasa sumber dan fasa  penerima ditentukan dengan High Perfomance Liquid Chromatography (HPLC). Hasil  HPLC menunjukkan bahwa membran cair minyak nabati kurang efektif untuk  digunakan, karena banyaknya puncak yang terdeteksi pada fasa penerima setelah  proses transpor yang membuktikan bahwa senyawa dalam minyak ikut tertranspor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 06 Apr 2022 03:50
Last Modified: 06 Apr 2022 03:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101192

Available Versions of this Item

  • Transpor Asam Salisilat Menggunakan  Minyak Nabati Sebagai Membran Cair Dalam Teknik Membran Cair Fasa Ruah. (deposited 06 Apr 2022 03:50) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item