EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI NAGARI PADANG LIMAU SUNDAI KECAMATAN SANGIR JUJUAN KABUPATEN SOLOK SELATAN

Beniezer, Maylando Manik (2022) EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI NAGARI PADANG LIMAU SUNDAI KECAMATAN SANGIR JUJUAN KABUPATEN SOLOK SELATAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak-dikonversi.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan)-dikonversi.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Evaluasi kesesuaian lahan penting untuk dilakukan karena dapat mengetahui kualitas dan karakteristik suatu lahan sehingga dapat dilakukan pengembangan komoditas tanaman tertentu yang sesuai di lahan tersebut. Penelitian ini telah dilakukan di Nagari Padang Limau Sundai, Kecamatan Sangir Jujuan, Kabupaten Solok Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik kesesuaian lahan untuk tanaman kelapa sawit di daerah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode survei yang terdiri dari 3 tahap yaitu pra survei yang bertujuan untuk mendapatkan satuan lahan (SL), survei utama dengan pengambilan sampel secara purposive sampling yang dilakukan di daerah Nagari Padang Limau Sundai, Kecamatan Sangir Jujuan, Kabupaten Solok Selatan, dan analisis tanah di laboratorium Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sukarami, Kabupaten Solok. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil kesesuaian lahan aktual pada SL 1, SL 4 dan SL 7 memiliki kelas S3eh yaitu sesuai marjinal dengan faktor pembatas bahaya erosi. Pada SL 2 dan SL 3 didapatkan kelas cukup sesuai (S2) sub-kelas S2wa,nr dengan faktor pembatas ketersediaan air dan retensi hara. Pada SL 6 didapatkan kelas cukup sesuai (S2) sub-kelas S2wa, nr, eh. Pada kesesuaian lahan potensial didapatkan pada SL1, SL 4, dan SL 7 memiliki kelas cukup sesuai (S2), sedangkan pada SL 2, SL 3, dan SL 6 yaitu kelas sesuai (S1). Usaha perbaikan pada lahan dapat berupa pembuatan teras, guludan, penanaman vegetasi penutup lahan, dan penggunaan bahan kapur serta pupuk organik maupun anorganik. Dengan demikian Nagari Padang Limau Sundai bisa sesuai untuk budidaya tanaman kelapa sawit dengan beberapa perbaikan. Kata kunci : survei, satuan lahan, faktor pembatas, bahaya erosi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Edwin, Sp
Uncontrolled Keywords: survei, satuan lahan, faktor pembatas, bahaya erosi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:50
Last Modified: 14 Apr 2022 03:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101163

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item