Analisis Pengorganisasian Petani Dalam Implementasi Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Kabupaten Padang Lawas Utara Provinsi Sumatera Utara

Yenni Khairani, Harahap (2022) Analisis Pengorganisasian Petani Dalam Implementasi Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Kabupaten Padang Lawas Utara Provinsi Sumatera Utara. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak_Yenni fix (1).pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I (1) (1).pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V_Penutup.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (4) (1).pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Draf Skripsi_Yenni Khairani Harahap_terbaru.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan implementasi program Peremajaan Sawit Rakyat di Kabupaten Padang Lawas Utara, (2) mendeskripsikan pengorganisasian petani dalam implementasi program Peremajaan Sawit Rakyat di Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini berjenis penelitian survey with in case study dan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Jumlah responden sebanyak 30 orang dan 4 informan kunci. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam menggunakan kuesioner dengan informan kunci dan petani responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Peremajaan Sawit Rakyat di Kabupaten Padang Lawas Utara terlaksana dengan baik sesuai dengan target waktu yang telah ditetapkan. Sedangkan pendampingan dilakukan tenaga pendamping dalam kegiatan bidang administrasi, teknik, dan keuangan. Tetapi untuk kegiatan pemenuhan dana lanjutan tidak ada pendampingan karena petani memenuhi dana lanjutan dengan menggunakan tabungan sendiri. Jika dilihat pada pengorganisasian petani yang terjadi dalam implementasi program Peremajaan Sawit Rakyat bukan hanya dengan relasi tindakan kolektif. Namun, petani sawit juga membangun relasi secara invidual dan dengan usaha mandiri. Pada tahap pre – planting relasi yang terjadi cenderung relasi tindakan kolektif, tahap planting TBM 0 relasi yang terjadi dominan tindakan kolektif, dan tahap TBM 1 relasi yang terjadi cenderung relasi indivdual. Sedangkan untuk pendampingan relasi yang terjadi antara petani sawit dengan tenaga pendamping pada tahap pre – planting merupakan relasi secara tindakan kolektif. Sementara itu, untuk tahap planting TBM 0 dan TBM 1 relasi antara petani sawit dengan tenaga pendamping adalah relasi secara individual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Endry Martius, M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Peremajaan Sawit Rakyat, Pengorganisasian Petani, Kelapa Sawit, Relasi Petani
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 31 Mar 2022 03:17
Last Modified: 31 Mar 2022 03:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101051

Actions (login required)

View Item View Item