STUDI EKSPERIMENTAL KAPASITAS GESER ELEMEN STRUKTUR BETON BERTULANG DENGAN PENAMPANG LINGKARAN BERLUBANG TANPA TULANGAN GESER YANG DIPERKUAT DENGAN LEMBARAN CFRP

Ikhwan, Said (2022) STUDI EKSPERIMENTAL KAPASITAS GESER ELEMEN STRUKTUR BETON BERTULANG DENGAN PENAMPANG LINGKARAN BERLUBANG TANPA TULANGAN GESER YANG DIPERKUAT DENGAN LEMBARAN CFRP. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK-TA IKHWAN SAID.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 PENDAHULUAN-TA IKHWAN SAID.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB 5 PENUTUP-TA IKHWAN SAID.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-TA IKHWAN SAID.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah utuh)
TA UTUH-IKHWAN SAID.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sebagai negara berkembang, Indonesia terus melakukan pembangunan berkelanjutan disemua bidang termasuk infrastruktur. Dalam melakukan pembangunan infrastruktur sangat dibutuhkan keilmuan terkait bidang konstruksi. Elemen struktur berpenampang lingkaran berlubang banyak digunakan sebagai kolom dengan lobang difungsikan sebagai saluran air, kabel listrik, saluran air hujan, dan sebagainya. Beban geser yang sangat besar dapat menyebabkan kolom mengalami keruntuhan geser. Keruntuhan geser adalah keruntuhan yang terjadi tiba-tiba, hal ini perlu diantisipasi karena sangat berbahaya jika terjadi. Keruntuhan geser biasanya diatasi dengan memberikan tulangan geser. Namun untuk mengatasi keruntuhan geser pada struktur yang sudah terpasang tentu tidak bisa lagi menambahkan tulangan geser, sehingga diperlukan perkuatan yang bisa dilakukan dari luar untuk meningkatkan kekuatan geser tersebut. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan lembaran CFRP pada permukaan elemen struktur beton bertulang di bentang gesernya. Carbon Fiber Reinforced Polymer (CFRP) adalah material komposit yang terbuat dari serat polimer dengan serat. Penelitian ini menggunakan metode eksprimental dengan melakukan percobaan benda uji di laboratorium untuk mendapatkan data pengujian dan hasil yang menghubungkan antara variable-variabel yang diselidiki. Penelitian ini mengkaji perilaku geser yang dialami balok dengan menguji enam buah balok berpenampang lingkaran berlubang memiliki panjang 2300 mm dan diameter 250 mm yang terdiri dari tiga buah balok tanpa tulangan geser dan tiga buah balok yang diperkuat dengan lembaran CFRP. Tulangan ii longitudinal pada masing-masing balok divariasikan dengan diameter 13, 16, 19 mm. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perkuatan lembaran CFRP pada bentang geser elemen struktur terhadap kapasitas geser elemen struktur beton bertulang dengan penampang lingkaran berlubang. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa pemasangan lembaran CFRP sebagai perkuatan elemen struktur dapat menambah kapasitas geser elemen struktur tersebut. Pada balok dengan tulangan longitudinal D13 kapasitas geser meningkat 79,58%, balok dengan tulangan longitudinal D16 kapasitas geser meningkat 100,57%, dan balok dengan tulangan longitudinal D19 kapasitas geser meningkat 116,98%. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam ilmu pengetahuan, khususnya menjadi rekomendasi untuk perkuatan struktur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Rendy Thamrin, Dr. Eng
Uncontrolled Keywords: eksperimental, beton bertulang, penampang lingkaran berlubang, kapasitas geser, perkuatan dengan lembaran CFRP.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 30 Mar 2022 07:13
Last Modified: 30 Mar 2022 07:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101038

Actions (login required)

View Item View Item