EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI NAGARI LUBUK ULANG ALING KECAMATAN SANGIR BATANG HARI KABUPATEN SOLOK SELATAN

Rian, Ahmad Rivaldo (2022) EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI NAGARI LUBUK ULANG ALING KECAMATAN SANGIR BATANG HARI KABUPATEN SOLOK SELATAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nagari Lubuk Ulang Aling merupakan salah satu nagari di Kabupaten Solok Selatan yang memiliki potensi sebagai lokasi pengembangan tanaman kelapa sawit, oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian terkait evaluasi tingkat kesesuaian lahan di daerah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelas kesesuaian lahan aktual dan potensial untuk tanaman kelapa sawit, serta membuat peta kelas kesesuaian lahan untuk tanaman kelapa sawit di Nagari Lubuk Ulang Aling, Kecamatan Sangir Batang Hari Kabupaten Solok Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah berupa survei dengan pengambilan sampel secara purposive sampling pada peta satuan lahan skala 1:50.000. Setelah itu dilakukan penentuan kelas kesesuaian lahan menggunakan metode matching yaitu mencocokkan antara karakteristik lahan dengan syarat tumbuh tanaman kelapa sawit. Hasil penelitian pada kesesuaian lahan aktual untuk satuan lahan 1 didapatkan kelas S2wa,nr,fh, satuan lahan 2 didapatkan kelas S3fh dan pada satuan lahan 3, kelas kesesuaian lahannya yaitu S2wa,nr,eh. Hasil pada kesesuaian lahan potensial pada satuan lahan 1 adalah S2wa, satuan lahan 2 adalah S2wa,fh, dan satuan lahan 3 adalah S2wa,eh. Untuk mendapatkan kualitas lahan yang optimal untuk tanaman kelapa sawit dapat dilakukan perbaikan berdasarkan faktor pembatas pada setiap satuan lahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Lusi Maira M.Agr. SC
Uncontrolled Keywords: evaluasi, kesesuaian lahan, temperatur, retensi hara, bahaya erosi, bahaya banjir.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 31 Mar 2022 02:36
Last Modified: 31 Mar 2022 02:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101026

Actions (login required)

View Item View Item