PELAKSANAAN KEWENANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN SOLOK DALAM PEMELIHARAAN JALAN DI NAGARI SARIAK ALAHAN TIGO KECAMATAN HILIRAN GUMANTI

Fuqan, Hidayat (2022) PELAKSANAAN KEWENANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN SOLOK DALAM PEMELIHARAAN JALAN DI NAGARI SARIAK ALAHAN TIGO KECAMATAN HILIRAN GUMANTI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahulaun)
Bab I.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Jalan merupakan fasilitas publik yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Wewenang penyelenggaraan jalan berada di tangan pemerintah sesuai dengan kewenagannya, namun tidak semua penyenggaraan jalan dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya seperti di ruas Jalan Kabupaten Solok di nagari Sariak Alahan Tigo. Dengan demikian permasalahan dalam tulisan ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan kewenangan Pemerintah Daerah Kabupaten Solok dalam pemeliharaan jalan di Nagari Sariak Alahan Tigo Kecammatan Hiliran Gumanti. 2) Bagaimana tindak lanjut Pemerintah Daerah Kabupaten Solok dalam pemeliharaan jalan di Nagari Sariak Alahan Tigo kecamatan Hiliran Gumanti. 3) Apa kendala yang dihadapi Pemerintah Daerah Kabupaten Solok dalam pemeliharaan jalan di Nagari Sariak Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti. Metode penelian adalah yuridis empiris, penelitian bersifat deskriptif. Hasil penelitan yang telah penulis lakukan dapat ditarik kesimpulan yaitu dalam Pelaksanaan Kewenangan Pemerintah Daerah Kabupaten Solok dalam pemeliharaan jalan kabupaten di Nagari Sariak Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti masih belum terlaksana sebagaimana mestinya, PT. Supraco Mitra Energy akan melaksanakan perjanjian paling lambat pada tahun 2021, dengan ketentuan badan jalan akan diperbaiki oleh PT. Supraco Mitra Energy, yang dilaksankan secara bertahap yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 dengan anggaran 1 (satu) Milyar Rupiah dikarenakan PT. Supraco Mitra Energy terkendala dengan keuangan, sedangkan Saluran drainase air akan diperbaiki oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Solok. Ada beberapa faktor yang yang menghambat pemeliharaan jalan di Nagari Sariak Alahan Tigo, yaitu: 1) Pandemi Covid-19; 2) Belum tercapainya kesepakatan dengan pihak ketiga; dan 3) Pihak ketiga belum mampu melaksanakan kontruksi jalan pada tahun 2021 dikarenakan masih adanya beberapa proyek yang dikerjakan. Kata Kunci: Kewenanangan, pemerintah daerah, dan pemeliharaan jalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syofiarti, S.H., M.Hum
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 28 Mar 2022 04:01
Last Modified: 28 Mar 2022 04:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/100882

Actions (login required)

View Item View Item