FAKTOR PERILAKU YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA ANAK SEKOLAH DI SD NEGERI 05 AIR SANTOK KOTA PARIAMAN

DEWI, PERMATA SARI (2015) FAKTOR PERILAKU YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA ANAK SEKOLAH DI SD NEGERI 05 AIR SANTOK KOTA PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201510071312th_sikripsi upload okk.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)

Abstract

Tujuan Penelitian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah bentuk perwujudan paradigma sehat dalam budaya perorangan, keluarga, dan masyarakat yang berorientasi sehat, bertujuan untuk meningkatkan, memelihara, dan melindungi kesehatannya baik fisik, mental, spiritual, maupun sosial. Sekolah sebagai salah satu sasaran PHBS di tatanan institusi pendidikan perlu mendapatkan perhatian mengingat usia sekolah bagi anak juga merupakan masa rawan terserang berbagai penyakit serta munculnya berbagai penyakit yang sering menyerang anak usia sekolah (usia 6-10), misalnya diare, kecacingan dan anemia.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak sekolah di SDN 05 Air Santok Kota Pariaman. Metode Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian analitik (Cross sectional study). Penelitian ini dilakukan di SDN 05 Air Santok Kota Pariaman dari bulan Desember 2014 sampai dengan bulan Maret 2015. Populasi dalam penelitian adalah murid SDN 05 Air Santok Kota Pariaman Kelas III, IV dan V berjumlah 82 orang semua populasi dijadikan sampel. Pengolahan data dengan langkah-langkah editing, coding, entry, cleaning dan tabulating. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji chisquare dengan derajat kemaknaan 95%. Hasil Lebih dari separoh responden memiliki pengetahuan yang rendah (51,4%), sikap negatif (56,9%)dan tindakan yang kurang baik (52,8%) tentang perilaku hidup bersih dan sehat. Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan (p = 0,005) dan sikap (p = 0,001) dengan tindakan PHBS di SDN 05 Air Santok Kota Pariaman. . Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan sikap dengan tindakan PHBS di SDN 05 Air Santok Kota Pariaman. Untuk itu saran pihak sekolah dapat bekerjasama dengan puskesmas melalui tenaga promosi kesehatan untuk melakukan penyuluhan kesehatan bagi siswa tentang PHBS. Daftar Pustaka : 28 (2003 – 2012) Kata Kunci : Pengetahuan, sikap, tindakan PHBS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 02 Jun 2016 10:21
Last Modified: 02 Jun 2016 10:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10066

Actions (login required)

View Item View Item