USULAN PERANCANGAN DOKUMEN SISTEM MANAJEMEN MUTU PADA CV CHERRY SARANA AGRO SEBAGAI PERSYARATAN SERTIFIKASI PRODUK PENGGUNA TANDA STANDAR NASIONAL INDONESIA (SPPT-SNI)

ALDO, PRATAMA PUTRA (2014) USULAN PERANCANGAN DOKUMEN SISTEM MANAJEMEN MUTU PADA CV CHERRY SARANA AGRO SEBAGAI PERSYARATAN SERTIFIKASI PRODUK PENGGUNA TANDA STANDAR NASIONAL INDONESIA (SPPT-SNI). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201411201246th_5tv5xj3l_compresspdf.compressed.compressed.compressed.cv01.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

CV Cherry Sarana Agro merupakan salah satu industri penghasil alsintan di Sumatera Barat. Adanya AFTA (Asean Free Trade Area) pada tahun 2015 berdampak pada ketatnya persaingan bisnis CV Cherry Sarana Agro dalam memasarkan produk alsintan. Upaya yang dapat dilakukan CV Cherry Sarana dalam memenangkan persaingan di pasar bebas ini, CV Cherry Sarana Agro perlu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk. Peningkatan kualitas pada CV Cherry Sarana Agro dilakukan dengan menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) yang baik sesuai dengan standar dan ketetapan yang ada. CV Cherry Sarana Agro saat ini belum menerapkan sistem manajemen mutu yang baik sesuai dengan standar dan persyaratan. Terlihat pada CV Cherry Sarana Agro belum terdapat panduan, prosedur, ataupun standar yang berbentuk dokumen sistem manajemen mutu dalam pembuatan dua produk utama CV Cherry Sarana Agro seperti hydrotiller dan thresher. CV Cherry Sarana Agro saat ini telah berupaya merancang suatu dokumen sistem manajemen mutu terhadap produk hydrotiller. Thresher sebagai salah satu produk unggulan yang diproduksi oleh CV Cherry Sarana Agro juga perlu untuk dikembangkan dan ditingkatkan kualitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dokumen sistem manajemen mutu CV Cherry Sarana Agro terkait dalam proses produksi produk thresher. Perancangan dokumen sistem manajemen mutu dimulai dari studi pendahuluan, evaluasi kondisi awal, penentuan kebutuhan dokumen sistem manajemen mutu, perancangan dokumen sistem manajemen mutu berdasarkan SNI ISO 9001:2008, kemudian verifikasi dan validasi dokumen sistem manajemen mutu kepada manajemen CV Cherry Sarana Agro dan kepada expert dalam pembuatan dan pengendalian dokumen SMM seperti manajer bagian mutu pada suatu perusahaan. Perancangan dokumen sistem manajemen mutu yang dihasilkan seperti dokumen dokumen pedoman mutu, dokumen prosedur mutu, dokumen instruksi kerja (IK), dan rekaman atau formulir (form). Dalam perancangan dokumen prosedur mutu dan formulir atau rekaman dilakukan berdasarkan kegiatan penanganan order dan puma jual, pengendalian produk yang tidak sesuai, tindakan perbaikan dan pencegahan, analisis data, pembelian bahan baku, pemeliharaan fasilitas produksi, kalibrasi alat ukur seperti mal, desain dan pengembangan produk, inspeksi dan pengujian produk dan bahan baku, proses produksi, penyimpanan material dan produk jadi, dan identifikasi produk. Kata Kunci : CV Cherry Sarana Agro,S1VIM, SNI ISO 9001:2008, Dokumen SMM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 01 Jun 2016 09:59
Last Modified: 01 Jun 2016 09:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10054

Actions (login required)

View Item View Item