PREFERENSI MAKAN PENSI (Corbicula sumatrana, Clessin) PADA ZONA LITORAL DI DANAU DIATAS, KABUPATEN SOLOK, SUMATERA BARAT

Aldo, Artha Perdana (2016) PREFERENSI MAKAN PENSI (Corbicula sumatrana, Clessin) PADA ZONA LITORAL DI DANAU DIATAS, KABUPATEN SOLOK, SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KESIMPULAN)
BAB V. KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui preferensi makan kerang Corbicula sumatrana di zona litoral Danau Diatas telah dilakukan pada bulan April–Juli 2015. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis isi lambung. Kerang dikoleksi dari enam stasiun pada zona litoral Danau Diatas yang ditetapkan secara purposive sampling. Masing- masing stasiun diamati sebanyak 10 individu kerang dewasa ukuran besar dengan ukuran panjang antara 11–16 mm. Pada masing–masing stasiun juga dikoleksi sampel plankton untuk mengetahui ketersediaan makanan alami kerang yang ada di habitat. Hasil penelitian menyatakan bahwa jenis plankton di temukan di habitat sebanyak 24 genera, dengan kepadatan tertinggi dari genus Oscillatoria dan yang terendah dari genus Lyngbya. Didalam lambung ditemukan 16 genera, dengan kepadatan tertinggi dari genus Denticula dan yang terendah dari kelas Oligochaeta. Makanan paling disukai kerang C. sumatrana dari genus Gomphonema dengan nilai E: 0,80. Makanan yang paling tidak disukai dari genus Straurastrum dengan nilai E:-0,46. Makanan utama kerang C. sumatrana didapatkan dari genus Denticula dengan IMT:28,58. Makanan kedua kerang C. sumatrana adalah Gomphonema, Navicula, Spirogyra dengan IMT berkisar dari 11,95-20,34 Lima belas jenis sisanya adalah makanan pelengkap, dengan IMT:2,42–0,21. Kata kunci : C. sumatrana, Danau Diatas, indeks makanan terbesar, indeks selektivitas, preferensi makan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: s1 biologi biologi
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:34
Last Modified: 01 Jun 2016 04:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10040

Actions (login required)

View Item View Item