MODEL OPTIMASI KOMPOSISI RANSUM PAKAN TERNAK BERBASIS LIMBAH KELAPA SAWIT UNTUK MINIMASI BIAYA PRODUKSI RANSUM PAKAN TERNAK (Studi Kasus: Kelompok Tani “Kompak”)

Muhammad, Iqbal (2022) MODEL OPTIMASI KOMPOSISI RANSUM PAKAN TERNAK BERBASIS LIMBAH KELAPA SAWIT UNTUK MINIMASI BIAYA PRODUKSI RANSUM PAKAN TERNAK (Studi Kasus: Kelompok Tani “Kompak”). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
Penutup.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peternakan ayam di Sumatera Barat menunjukkan trend positif dalam 3 tahun terakhir. Meningkatnya peternakan ayam menyebabkan pemakaian ransum ternak meningkat. Ransum merupakan penyumbang biaya produksi terbesar dalam industri peternakan ayam yang menyumbang sebesar 70-80% biaya produksi. Meningkatnya harga pakan pada saat sekarang ini membuat peternak harus mencari inovasi baru untuk menanggulangi hal tersebut dimana harga ransum pakan ternak yang relatif lebih murah dan nutrisi yang didapatkan ternak masih tercapai. Inovasi yang dapat digunakan adalah menggunakan limbah kelapa sawit sebagai pengganti jagung dan bekatul. Bungkil inti sawit (BIS) merupakan hasil sampingan dari industri minyak kelapa sawit dimana dari kandungan nutrisi yang didapat BIS sangat cocok menjadi pakan ternak alternatif dilihat dari kandungan nutrisi dan mudah didapat dengan harga relatif lebih murah. Namun bel um adanya model formulasi ransum pakan ternak. Sehingga pada penelitian ini dilakukan pembuatan model formulasi ransum pakan ternak menggunakan metode linear programming untuk menentukan komposisi optimal pada penyusunan ransum pakan ternak ini. Fungsi tujuan model ini adalah minimasi harga ransum pakan ternak. Sebelum model digunakan dilakukan verifikasi dan validasi model yang berguna untuk melakukan pengujian atas kesesuaian logika dan kesesuaian dengan sistem nyata. Hasil dari model yang telah dibuat ini dapat mengurangi biaya produksi ransum pakan ternak sebesar 11% yang dimana kondisi aktual sebesar Rp 6.800 dan model yang didapatkan sebesar Rp 6.114 dimana nutrisi yang didapatkan relatif sama dengan kondisi aktual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Wisnel, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Bungkil Inti Sawit, Biaya Produksi, Linear Programming, Kebutuhan Nutrisi, Minimasi.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 15 Mar 2022 02:48
Last Modified: 15 Mar 2022 02:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/100396

Actions (login required)

View Item View Item