PENGARUH PEMBERIAN KECAMBAH PADI (Oryza Sativa) DARI UMUR YANG BERBEDA TERHADAP KECERNAAN SERAT KASAR, RETENSI NITROGEN DAN ENERGI METABOLISME AYAM KAMPUNG UNGGUL BALITNAK (KUB)

Rida, Oktavia (2022) PENGARUH PEMBERIAN KECAMBAH PADI (Oryza Sativa) DARI UMUR YANG BERBEDA TERHADAP KECERNAAN SERAT KASAR, RETENSI NITROGEN DAN ENERGI METABOLISME AYAM KAMPUNG UNGGUL BALITNAK (KUB). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Text (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Text (BAB 1 PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
Text ( BAB 5 PENUTUP).pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Text (DAFTAR PUSTAKA).pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Text (Full Text Skripsi).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemberian ransum yang ditambah kecambah padi (Oryza sativa) dari umur yang berbeda terhadap kecernaan serat kasar, retensi nitrogen dan energi metabolisme. Penelitian ini menggunakan 20 ekor ayam KUB umur 10 minggu. Kandang metabolis yang digunakan sebanyak 20 unit yang masing-masing diisi 1 ekor ayam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 kali ulangan dan 4 perlakuan yaitu R0 (ransum tanpa kecambah padi), R1 (ransum + kecambah padi umur 1 hari), R2 (ransum + kecambah padi umur 4 hari), dan R3 (ransum + kecambah padi umur 7 hari). Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa perlakuan memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap retensi nitrogen dan energi metabolisme dan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kecernaan serta kasar ayam KUB. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian kecambah padi umur 4 hari sebagai pakan fungsional memberikan hasil terbaik dengan meningkatkan kecernaan serat kasar 29,47 %, retensi nitrogen 56,45 %, energi metabolisme 2894,31 kkal/kg.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Ahadiyah Yuniza, MS
Uncontrolled Keywords: Ayam KUB, kecambah padi, kualitas nutrisi.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Peternakan Peternakan
Date Deposited: 11 Mar 2022 07:53
Last Modified: 11 Mar 2022 07:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/100354

Actions (login required)

View Item View Item