Fanni, Muhitia Swardi (2022) Analisis Pengaruh Citra Merek, Celebrity Endorser, dan Electronic Word of Mouth (EWOM) Terhadap Minat Beli Produk Perawatan dan Kecantikan. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (263kB) | Preview |
|
|
Text (Bab VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (264kB) | Preview |
|
Text (Tugas Akhir Full Fanni Muhitia)
TUGAS AKHIR UTUH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kesuksesan penjualan suatu produk barang ataupun jasa tidak dapat dipisahkan dari strategi pemasaran yang dilakukan. Produk dengan pemasaran yang baik berkemungkinan besar untuk lebih mampu meningkatkan jumlah penjualan produk. Berdasarkan riset APJII tahun 2020, produk perawatan dan kecantikan merupakan produk yang paling banyak dibeli konsumen. Tingginya minat masyarakat pada produk ini menyebabkan semakin sulitnya persaingan diantara para pebisnis industri pengolahan produk perawatan dan kecantikan untuk menarik perhatian dan minat beli konsumen dari produk pesaing. Minat beli konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain citra merek, celebrity endorser, dan electronic word of mouth (EWOM). Akan tetapi, berdasarkan penelitian terdahulu terdapat perbedaan pendapat yang menyatakan bahwa faktor-faktor tersebut memberi pengaruh atau tidaknya terhadap minat beli konsumen. Oleh karena itu,, perlu dilakukan penelitian untuk membantu para pebisnis agar mengetahui bagaimana pengaruh dari citra merek, celebrity endorser, dan EWOM terhadap minat beli konsumen pada produk perawatan dan kecantikan. Berdasarkan populasi penelitian didapatkan sampel sebanyak 94 responden yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online. Metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) digunakan sebagai metode untuk pengolahan data yang dibantu dengan software SmartPLS 3.0. Berdasarkan pengolahan data, diketahui bahwa baik citra merek, celebrity endorser, maupun EWOM berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada produk perawatan dan kecantikan. Pada rentang pengaruh variabel eksogen terhadap endogen yaitu dari -1 hingga +1, citra merek mempengaruhi minat beli sebesar +0,225 atau 22,5%, celebrity endorser mempengaruhi sebesar +0,248 atau 24,8%, dan EWOM berpengaruh sebesar +0,461 atau 46,1%. Dengan demikian, dari ketiga variabel eksogen yang diteliti EWOM merupakan aspek atau faktor yang memberi pertimbangan paling besar yang mempengaruhi konsumen dalam menentukan minat beli pada produk perawatan dan kecantikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Reinny Patrisina, Ph. D |
Uncontrolled Keywords: | Citra Merek, Celebrity Endorser, Electronic Word of Mouth (EWOM), Minat Beli, Structural Equation Modeling (SEM) |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 10 Mar 2022 07:00 |
Last Modified: | 10 Mar 2022 07:00 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/100307 |
Actions (login required)
View Item |