STUDI EKSPLORASI PERSEPSI WIRAUSAHAWAN MILENIAL KOTA SUNGAI PENUH, PROVINSI JAMBI DALAM MEMANFAATKAN SOCIAL MEDIA SEBAGAI SALAH SATU PENUNJANG BISNIS

AINIL, MARDIAH (2021) STUDI EKSPLORASI PERSEPSI WIRAUSAHAWAN MILENIAL KOTA SUNGAI PENUH, PROVINSI JAMBI DALAM MEMANFAATKAN SOCIAL MEDIA SEBAGAI SALAH SATU PENUNJANG BISNIS. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[img] Text (THESIS FULL TEXT)
FULL THESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital membuat pola bisnis ikut berubah termasuk dalam kewirausahaan dikalangan wirausahawan milenial Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. Salah satunya penggunaan social media sebagai salah satu penunjang bisnis Tujuan penelitian ini adalah memahami dan mengeksplorasi persepsi wirausahawan milenial Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi dalam memanfaatkan social media untuk meningkatkan pertumbuhan bisnisnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif eksploratori dengan teknik pengolahan data thematic analysis menggunakan software NVivo 12 Plus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wirausahawan milenial Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi memperoleh motivasi eksternal dari peluang bisnis yang dihadirkan karena perkembangan teknologi digital social media dalam meningkatkan pertumbuhan bisnisnya. Meskipun demikian motivasi eksternal ini bukanlah faktor utama. Hal tersebut disebabkan oleh kuatnya dorongan dari motivasi internal yang ada dalam diri masing-masing wirausahawan milenial. dan dampak dari faktor motivasi eksternal lainnya.. Wirausahawan milenial Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi juga memiliki persepsi bahwa penggunaan social media sebagai penunjang bisnis memberikan manfaat yang dapat menciptakan nilai bisnis, mempercepat proses bisnis dan meningkatkan kinerja bisnis guna meningkatkan pertumbuhan bisnisnya. Khususnya kebermanfaatan dalam promosi bisnis, memperkuat merek bisnis, mempercepat akses informasi, dan menjangkau target pasar yang lebih luas. Namun manfaat yang dirasakan oleh wirausahawan milenial Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi berbeda-beda, karena disebabkan oleh perbedaan sektor dan skala bisnis yang dijalankannya. Kata Kunci: Kewirausahaan, Motivasi, Motivasi Kewirausahaan, Motivasi Eksternal, Persepsi Social Media, dan Generasi Milenial. The advancement of digital technology has altered business patterns, including entrepreneurship among millennial entrepreneurs in Sungai Penuh City, Jambi Province. Another of them is the use of social media as a business support tool. The goal of this research is to better understand and explore the motivations and perceptions of millennial entrepreneurs in Sungai Penuh City, Jambi Province, when it comes utilizing social media to increase their business growth. This study employs an exploratory qualitative method with data processing techniques based on thematic analysis using the NVivo 12 Plus software. The findings revealed that the millennial entrepreneurs of Sungai Penuh City, Jambi Province, were externally motivated to increase their business growth by the business opportunities presented by the development of social media digital technology. This external motivation, however, is not the most important factor. This is due to the strong drive from the internal motivation that exists within each millennial entrepreneur and the impact of other external motivational factors. Millennial entrepreneurs of Sungai Penuh City, Jambi Province also have the perception that the use of social media as business support provides benefits that can create business value, accelerate business processes and improve business performance in order to increase business growth. Particularly useful for business promotion, brand strengthening, accelerating access to information, and reaching a larger target market. However, the benefits experienced by millennial entrepreneurs in Sungai Penuh City, Jambi Province, differ due to differences in the sector and scale of the businesses they run. Keywords: Entrepreneurship, Motivation, Entrepreneurial Motivation, External Motivation, Social Media Perception, and Millennial Generation.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: Unand Magister Manajemen
Date Deposited: 09 Mar 2022 08:24
Last Modified: 09 Mar 2022 08:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/100243

Actions (login required)

View Item View Item