Studi Penggunaan Fault Current Limiter untuk Mengatasi Permasalahan Sistem Proteksi pada Jaringan Distribusi yang memiliki Distributed Generation

Fathul, Hady Al Karim (2022) Studi Penggunaan Fault Current Limiter untuk Mengatasi Permasalahan Sistem Proteksi pada Jaringan Distribusi yang memiliki Distributed Generation. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 - Pendahuluan)
Bab 1 - Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 - Kesimpulan)
Bab 5 - Kesimpulan Saran.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penambahan DG dalam sistem distribusi tenaga listrik dapat memperbaiki keandalan sistem tenaga listrik. Namun pemasangan DG dapat menimbulkan permasalahan bagi peralatan proteksi, yaitu kemungkinan hilangnya koordinasi proteksi yang sudah ada. Pada penelitian ini diteliti kemungkinan untuk menggunakan Fault current limiter (FCL) untuk mengurangi permasalahan koordinasi sistem proteksi setelah pemasangan DG. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengusulkan skema proteksi baru yang dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan proteksi di saluran distribusi yang memiliki DG. Kinerja skema diuji menggunakan DigSilent Powerfactory. Pengujian kinerja proteksi relai arus lebih dilakukan dengan 4 skenario yaitu kondisi sistem tanpa DG, penambahan DG, penambahan DG dan FCL serta kondisi grid terputus setelah penambahan DG dan FCL. Gangguan yang diujikan adalah gangguan 3 fasa dan antar fasa di masing-masing saluran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasangan DG mengganggu koordinasi relai arus lebih yang sudah ada. Untuk mengatasinya, FCL dipasang pada terminal DG dengan nilai resistansi 1200 ohm pada saat terjadi gangguan sistem. FCL berhasil mengatasi kesalahan koordinasi relai. Namun, untuk kondisi grid terputus fungsi FCL harus dihilangkan dari sistem agar arus gangguan yang mengalir ke relai masih cukup besar untuk mengakibatkan relai trip.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Adrianti
Uncontrolled Keywords: Sistem proteksi, distributed generation (DG), relai arus lebih dan fault current limiter
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 07 Mar 2022 04:56
Last Modified: 07 Mar 2022 04:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/100228

Actions (login required)

View Item View Item