Perancangan Sistem Pembangkitan Tegangan dan Frekuensi Tinggi Untuk Produksi Gas Ozon Pada Reaktor Plasma Dielectric Barrier Discharge

Weno, Kurniawan (2022) Perancangan Sistem Pembangkitan Tegangan dan Frekuensi Tinggi Untuk Produksi Gas Ozon Pada Reaktor Plasma Dielectric Barrier Discharge. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
TA FULL UPLOAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sumber daya tegangan dengan frekuensi pada orde KiloHertz (KHz) merupakan komponen pendukung yang sangat penting dalam rangkaian pembangkitan gas Ozon. Penggunaan tegangan tinggi dan frekuensi tinggi pada pembangkitan gas Ozon bertujuan agar reaktor dapat berkinerja lebih baik. Salah satunya dengan menggunakan sistem pembangkitan tegangan dan frekuensi tinggi yang secara umum terdiri dari gabungan komponen-komponen kelistrikan dan bekerja dengan saling terhubung serta mampu menghasilkan tegangan dan frekuensi tinggi. Sistem pembangkitan tegangan dan frekuensi tinggi dapat dirancang secara bertahap, dimulai dari rancangan komponen menggunakan software yang mendukung untuk melakukan simulasi dan dilanjutkan pada rancangan fisik dari sistem untuk mempermudah pada pembuatan hardware. Keluaran yang dihasilkan dari sistem yang telah dirancang berupa tegangan dengan rentang 4-8 KV DC dan frekuensi switching sebesar 10-50 KHz. Keluaran dari sistem tersebut dihubungkan pada reaktor plasma Dielectric Barrier Discharge untuk menghasilkan gas Ozon. Pendeteksian gas Ozon yang dihasilkan pada reaktor menggunakan sensor MQ-131. Pengujian dilakukan beberapa kali dengan mengamati perubahan nilai Vout dari sensor MQ-131 yang digunakan dan mengamati konsentrasi Ozon yang dihasilkan pada setiap pengujian selama 180 detik dengan menerapkan tegangan 4 KV dan frekuensi 10 KHz. Jumlah rata-rata gas Ozon yang dihasilkan pada reaktor plasma Dielectric Barrier Discharge sebesar 0,0185 ppb dalam satu detik. Pada setiap pengujian menunjukkan konsentrasi gas Ozon yang hampir sama berdasarkan perubahan Vout pada sensor MQ-131.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Aulia, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Frekuensi Tinggi, Ozon, Dielectric Barrier Discharge, Plasma
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 11 May 2022 05:01
Last Modified: 11 May 2022 05:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/100189

Actions (login required)

View Item View Item