MOTIF LANSIA PENSIUNAN KEMBALI BEKERJA Studi terhadap Lansia Pensiunan di Kelurahan Pagambiran Ampalu Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang

Febby, Fitriani (2022) MOTIF LANSIA PENSIUNAN KEMBALI BEKERJA Studi terhadap Lansia Pensiunan di Kelurahan Pagambiran Ampalu Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi_Febby Fitriani_1810812009.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Seseorang yang telah memasuki masa lansia tentunya mengalami berbagai penurunan kondisi fisik sehingga perusahaan menetapkan masa pensiun bagi para karyawannya. Para karyawan yang telah memasuki masa pensiun dapat menikmati masa tuanya dengan jaminan berupa dana pensiun. Namun nyatanya masih dapat ditemukan lansia yang telah pensiun memilih kembali bekerja bahkan dengan jam kerja yang berlebihan meskipun mereka berada dalam kondisi ekonomi yang baik seperti memiliki rumah, kendaraan, dana pensiun dan tidak memiliki tanggungan terhadap anak/cucu. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan because motive, in order to motive dan mengetahui penggunaan uang oleh lansia pensiunan yang kembali bekerja. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Penelitian ini menggunakan teori paradigma definisi sosial yaitu teori fenomenologi yang dikemukakan oleh Alfred Schutz yang memfokuskan kepada motif seseorang melakukan sesuatu yaitu because motive dan in order to motive. Hasil dari penelitian ini, yang menjadi because motive lansia pensiunan kembali bekerja yaitu: (1) hobi, (2) pengalaman masa kecil, (3) melanjutkan usaha yang sudah ada (4) Mengisi waktu luang setelah pensiun dan in order to motive lansia pensiunan kembali bekerja yaitu (1) menghilangkan rasa bosan, (2) aktualisasi diri, (3) memelihara hubungan sosial. Sedangkan penggunaan uang oleh lansia pensiunan yang kembali bekerja yaitu (1) pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari, (2) untuk ditabung, dan (3) biaya berlibur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: 1. Dr. Elfitra, M.Si 2. Dr. Alfan Miko, M.Si
Uncontrolled Keywords: Because Motive, In Order to Motive, Lansia Pensiun, Kembali Bekerja, Guna Uang
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 23 Mar 2022 08:08
Last Modified: 23 Mar 2022 08:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/100139

Actions (login required)

View Item View Item