Kajian Sifat Fisika Tanah Yang Ditanami Gambir (Uncaria gambir Roxb.) pada Berbagai Kemiringan Lahan di Kenagarian Talang Maur Kecamatan Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota

Sintia, Salsabila (2022) Kajian Sifat Fisika Tanah Yang Ditanami Gambir (Uncaria gambir Roxb.) pada Berbagai Kemiringan Lahan di Kenagarian Talang Maur Kecamatan Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian mengenai sifat fisika tanah pada berbagai kemiringan lahan yang ditanami gambir telah dilaksanakan di Kenagarian Talang Maur, Kecamatan Mungka, Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sifat fisika tanah pada lahan yang ditanami gambir pada berbagai kemiringan lahan. Penelitian ini menggunakan metode survei, dengan pengambilan sampel tanah dilakukan secara purposive random sampling pada tiga kemiringan lahan yaitu agak curam (15-25%), curam(25-45%), dan sangat curam(>45%) pada kedalaman 0-20 cm dan 20-40 cm. Analisis sifat-sifat fisika tanah dilaksanakan di Laboratorium Fisika Tanah Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang. Hasil penelitian menunjukan bahwa tekstur tanah adalah lempung berliat dan lempung liat berdebu pada lapisan 0-20 cm dan liat pada lapisan 20-40 cm. Bahan organik tanah tergolong sangat rendah (0,93-1,35%), berat volume tanah sedang-tinggi (1,01-1,16 g/cm3), total ruang pori tanah pori tanah rendah-sedang(56,32-62,02%), permeabilitas sedang-agak cepat (2,59-7,78cm/jam), dan indeks stabilitas agregat tidak mantap sampai agak mantap (31,28-51,74%). Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan di Kenagarian Talang Maur, Kecamatan Mungka, Kabupaten Lima Puluh Kota disarankan agar petani dapat meningkatkan sifat fisika tanah dengan meningkatkan input bahan organik tanah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Adrinal, MS
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Fisika Tanah, Kemiringan Lahan, Gambir.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 01 Mar 2022 04:23
Last Modified: 01 Mar 2022 04:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/100126

Actions (login required)

View Item View Item