TINJAUAN YURIDIS TERHADAP SURAT DAKWAAN ALTERNATIF YANG DIAJUKAN OLEH JAKSA PENUNTUT UMUM SEBAGAI DASAR PEMERIKSAAN PERKARA TINDAK PIDANA PADA SIDANG PENGADILAN (Studi di Kejaksaan Negeri Padang)

Sri, Putri Wulandari (2022) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP SURAT DAKWAAN ALTERNATIF YANG DIAJUKAN OLEH JAKSA PENUNTUT UMUM SEBAGAI DASAR PEMERIKSAAN PERKARA TINDAK PIDANA PADA SIDANG PENGADILAN (Studi di Kejaksaan Negeri Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dakwaan alternatif merupakan salah satu dakwaan yang tidak ditemukan dalam KUHP maupun KUHAP, melainkan lahir dari praktik di kejaksaan dan persidangan yang kemudian menjadi kebiasaan sehingga diterima didalam hukum. Hakim dalam memetuskan suatu perkara tidak boleh keluar dari dakwaan yang termuat didalam surat dakwaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)bagaimana pandangan ahli hukum terkait pemahaman mengenai dakwaan alternatif kemudian (2)bagaimana penyusunan dan penerapan surat dakwaan berbentuk alternatif pada suatu perkara pidana yang diajukan oleh jaksa penuntut umum serta (3)apa yang menjadi dasar pertimbangan jaksa penuntut umum menggunakan bentuk dakwaan alternatif dalam suatu perkara tindak pidana . Penelitian yang dilakukan adalah penelitian hukum dengan pendekatan yuridis normatif dikombinasikan dengan yuridis sosiologis yang diambil dari data primer yaitu diperoleh dari hasil telaah kepustakaan, karya tulis ilmiah, laporan kasus, dan bahan lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini. Kemudian bahan hukum sekunder dengan melakukan wawancara terhadap narasumber yang berhubungan langsung dengan objek kajian yaitu jaksa penuntut umum di Kejaksaan Negeri Padang. Berdasarkan hasil penelitian dipahami bahwa pendapat ahli hukum mengenai dakwaan alternatif ini ternyata ditemukan perbedaan pendapat atau pemahaman, namun hal tersebut tidak membawa pengaruh yang besar terhadap penerapannya dipersidangan. Dalam proses penyusunan dakwaan alternatif, terdapat beberapa perbedaan dengan bentuk surat dakwaan lainnya, hal tersebut terlihat dalam proses penelaahan ketentuan pidana yang terkait dan diadakannya forum diskusi yang melibatkan jaksa senior guna menuntaskan keragu-raguan dalam hal pembuatan surat dakwaan tersebut. Selebihnya hampir sama dengan ketentuan yang tertuang dalam pasal 143 ayat (2) KUHAP dan SE-004/JA/11/1993 Tentang Pembuatan Surat Dakwaan. Selanjutnya dalam penerapan dakwaan alternatif dipersidangan jaksa penuntut umum dan hakim memiliki hak dan kewenangan yang sama dalam menyimpulkan dakwaan mana yang paling tepat untuk menjerat terdakwa, berdasarkan fakta-fakta hukum dipersidangan. Alasan atau pertimbangan Jaksa Penuntut umum membuat surat dakwaan berbentuk alternatif, yaitu pertama, belum memperoleh kepastian tentang pasal atau dakwaan mana yang tepat. Kedua, perbuatan terdakwa memenuhi beberapa delik yang tidak sejenis. Ketiga, sebagai jaring mencegah lolosnya terdakwa dari dakwaan. Kata Kunci: Dakwaan Alternatif, Jaksa Penuntut Umum, Pemeriksaan Perkara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Efren Nova, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 25 Feb 2022 08:23
Last Modified: 25 Feb 2022 08:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/100123

Actions (login required)

View Item View Item