Kajian Etnobotani, Mikrohabitat dan Uji Antibakteri Tumbuhan Endemik Sumatera Zingiber macradenium K. Schum (ZINGIBERACEAE)

Linda, Agustin (2021) Kajian Etnobotani, Mikrohabitat dan Uji Antibakteri Tumbuhan Endemik Sumatera Zingiber macradenium K. Schum (ZINGIBERACEAE). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (935kB) | Preview
[img] Text (Thesis Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Zingiber macradenium K. Schum merupakan tumbuhan Endemik Sumatera. Di Desa Rantih Sawahlunto dikenal dengan lampuriang yang bermanfaat sebagai bahan obat kumur sakit gigi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan, bagian yang dimanfaatkan, dan cara pengolahan. Mengetahui tingkat kepentingan budaya dan nilai kegunaan. Mengetahui mikrohabitat, serta menentukan potensi antibakteri dari tumbuhan Z. macradenium. Metode: (a) Kajian Etnobotani menggunakan metode depth interview kepada 8 (delapan) orang key informant yang dipandu kuesioner dan data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif menggunakan rumus ICS (Index of Cultural Significance) dan UV (Use Value); (b) Kajian mikrohabitat menggunakan metode plot quadrat data dianalisis secara kualitatif (c) Uji antibakteri menggunakan metode difusi kertas cakram. Kesimpulan: Rimpang Z. macradenium bermanfaat untuk obat kumur, obat gatal-gatal, obat sakit pinggang dan pemanfaatan lainnya dengan cara direbus. Tingkat nilai kepentingan budaya (ICS) dan nilai kegunaan tergolong dalam kategori rendah. Bentuk kehidupan (life form) dari Z. macradenium adalah hemicryptophyte dan chamaephyte. Tumbuhan Z. macradenium K. Schum. berpotensi sebagai antibakteri dengan diameter daya hambat yang kuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Nurainas
Uncontrolled Keywords: Zingiber macradenium, Zingiberaceae, Endemik, Etnobotani, Antibakteri
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Biologi biologi
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:59
Last Modified: 24 Mar 2022 02:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/100104

Actions (login required)

View Item View Item