IMPLEMENTASI PEDOMAN PERILAKU PENYIARAN DAN STANDAR PROGRAM SIARAN (P3-SPS) OLEH KPID SUMATERA BARAT DALAM PENGAWASAN SIARAN PROGRAM LOKAL PADA TELEVISI SWASTA

Randa, Rusmaidi (2022) IMPLEMENTASI PEDOMAN PERILAKU PENYIARAN DAN STANDAR PROGRAM SIARAN (P3-SPS) OLEH KPID SUMATERA BARAT DALAM PENGAWASAN SIARAN PROGRAM LOKAL PADA TELEVISI SWASTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Utuh_ Skripsi_ Randa Rusmaidi_1710863009.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Televisi sebagai sumber data dan pembentuk pendapat masyarakat, mempunyai peran yang strategis, terutama dalam memajukan negeri ini. Penyiaran televisi dilakukan dalam satu kerangka telekomunikasi publik, negara mengontrol spektrum frekuensi yang digunakan untuk penyelenggaraan penyiaran untuk kemakmuran rakyat. Media penyiaran ini idealnya memainkan peran yang sangat penting dalam memelihara dan mengembangkan kearifan lokal. Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Barat yang berperan mengatur dan mengawasi hal-hal mengenai penyiaran terutama televisi swasta. Peneliti melakukan penelitian ini dengan maksud dan tujuan untuk mengetahui implementasi P3-SPS KPID Sumatera Barat dalam pengawasan siaran program lokal pada televisi swasta dan mengetahui sejauh mana KPID Sumatera Barat dalam menindaklanjuti siaran program lokal pada televisi swasta yang melakukan pelanggaran. Dalam membahas penelitian ini, peneliti menggunakan teori media demokrasi partisipan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Paradigma yang digunakan adalah paradigma post positivisme. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Ketiga metode pengumpulan data tersebut berasal dari pengamatan terhadap kegiatan pengawasan program lokal serta wawancara KPID Sumatera Barat dan pihak stasiun televisi swasta di Sumatera Barat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi P3-SPS oleh KPID Sumatera Barat dalam mengawasi siaran program lokal pada televisi swasta tetapi belum berjalan secara optimal, terdapat kendala yang dihadapi KPID Sumatera Barat seperti kurangnya sumber daya dalam melakukan pengawasan dan kesadaran dari lembaga penyiaran stasiun televisi swasta yang terus menerus melakukan pelanggaran dikarenakan finansial dan sumber daya manusia yang tidak cukup, selain itu terdapat beberapa aturan dalam P3-SPS yang kurang kuat sehingga menjadi celah bagi stasiun televisi untuk memanfaatkan aturan tersebut untuk melanggar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vitania Yulia, S.Sos, MA
Uncontrolled Keywords: KPID Sumatera Barat, P3-SPS, Program Lokal
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 24 Feb 2022 04:44
Last Modified: 24 Feb 2022 04:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/100090

Actions (login required)

View Item View Item