KAJIAN SIFAT KIMIA TANAH PADA BEBERAPA KEMIRINGAN LAHAN YANG DITANAMI JERUK KEPROK (Citrus reticulata) DI NAGARI KOTO BARU KECAMATAN X KOTO, KABUPATEN TANAH DATAR

Rahmi, rahmadhani (2021) KAJIAN SIFAT KIMIA TANAH PADA BEBERAPA KEMIRINGAN LAHAN YANG DITANAMI JERUK KEPROK (Citrus reticulata) DI NAGARI KOTO BARU KECAMATAN X KOTO, KABUPATEN TANAH DATAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (610kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian mengenai sifat kimia tanah pada tanaman jeruk keprok (Citrus reticulata) telah dilaksanakan pada tiga kemiringan lahan yang berbeda (0-8%, 15-25% dan 25-45%) di Nagari Koto Baru Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar dari bulan Maret hingga bulan Agustus 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sifat kimia tanah pada tiga kemiringan lahan yang berbeda pada lahan budidaya jeruk keprok. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survei (Purposive sampling), pengambilan sampel tanah dilakukan secara acak pada setiap kemiringan lahan pada kedalaman 0-20 cm dan 20-40 cm. Beberapa sampel juga diambil pada lahan hutan yang digunakan sebagai pembanding. Parameter yang dianalisis adalah pH, ​​P-tersedia , C-organik, N-total, KTK, kation basa (K, Ca, Mg, Na), dan berat volume tanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sifat kimia tanah mengalami penurunan seiring dengan peningkatan kemiringan lahan, namun penurunan sifat kimia tanah tersebut tidak berbeda signifikan diantara lereng. Sifat kimia tanah pada lahan jeruk keprok hampir mendekati sifat kimia hutan terutama pada kemiringan 0-8%. Hutan yang digunakan sebagai kontrol mempunyai karakteristik sifat kimia tanah yang terbaik. Untuk menjaga sifat kimia tanah pada lahan jeruk keprok disarankan untuk mempertahankan manajemen lahan seperti saat sekarang seperti pembuatan terasering di lahan berkemiringan, pemberian pupuk dan pengendalian gulma agar tidak terjadi kerusakan atau penurunan sifat kimia tanah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.rer.nat.Ir. Syafrimen Yasin, MS., MSc
Uncontrolled Keywords: jeruk keprok, kemiringan lahan, sifat kimia tanah
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 16 Feb 2022 08:21
Last Modified: 16 Feb 2022 08:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/100002

Actions (login required)

View Item View Item